Jumat, 15 November 2019
News & Nature
Wisata Alam

Komitmen Pengembangan Boelanboong Ditandatangani

Rabu, 18 September 2019

Sebagai objek wisata satelit di TN Kelimutu

Komitmen Pengembangan Boelanboong Ditandatangani
TN Kelimutu
Penguatan kelompok binaan Desa Wologai Tengah digelar di Aula Kantor Balai Taman Nasional (TN) Kelimutu, Senin (16/9/2019)

Ende -- Penguatan kelompok binaan Desa Wologai Tengah digelar di Aula Kantor Balai Taman Nasional (TN) Kelimutu, Senin (16/9/2019). Bahasannya terkait evaluasi dan penyelarasan peran serta masyarakat dalam mendukung pengembangan Boelanboong sebagai objek wisata satelit di TN Kelimutu.

Diskusi dihadiri Asisten 3 Bupati Ende, Kepala Balai TN Kelimutu, Camat Detusoko, KSBTU Balai TN Kelimutu, Kepala SPTN 2 Detusoko, Resort Wologai, Kepala Desa Wologai Tengah, Para Mosalaki Adat Wologai, kelompok Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan (SPKP) serta tokoh masyarakat Desa Wologai Tengah. 

Baca Juga: TN Kelimutu Raih Gold Winner Planet Tourism

Para peserta diskusi terlibat sepenuh hati dan berlangsung sedikit panas terkait permasalahan dan kesepakatan pengelolaan Bumi Perkemahan Boelanboong dari hasil pendapatan ekonomi, penggunaan air embung sampai keterlibatan masyarakat dalam berjualan di Eco Camp tersebut karena telah berkembang sebagai destinasi wisata alternatif selain Danau Kelimutu.

Tapi, pada akhirnya acara yang berlangsung selama 5 jam ini berakhir dengan damai dan penuh kesadaran bersepakat untuk bersama-sama mengelola dan mengembangkan Boelanboong, ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama dalam kesepakatan antara pihak SPKP, Komunitas Adat Wologai dan Pemerintah Desa Wologai Tengah dengan disaksikan dan diketahui oleh Kepala Balai TN Kelimutu dan Camat Detusoko.

 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR