Senin, 18 November 2019
News & Nature
Wisata Alam

Wori Divespot Destinasi Baru di TN Bunaken

Senin, 19 Agustus 2019

Dilauncing bertepatan dengan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI

Wori Divespot Destinasi Baru di TN Bunaken
ksdae.menlhk.go.id
Divers Taman Nasional Bunaken

Manado -- Ada cara unik yang ditunjukan para divers Balai Taman Nasional Bunaken untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka mengeksplorasi dan melaunching Wori Divespot di Resort Wori, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I. Launching Wori Divespot diikuti 12 penyelam, 5 snorkling. Mereka melakukan upacara bawah air yang kemudian dilanjutkan dengan hunting foto dan video.

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si yang didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Nikolas Loli, SP turut serta dalam kegiatan penyelaman bersama sekaligus melaunching lokasi selam tersebut. Ia menyampaikan, destinasi selam baru akan menambah lokasi divespot yang ada di Kawasan Taman Nasional Bunaken sekaligus sebagai diversifikasi lokasi penyelaman alternatif yang dapat dikembangkan di wilayah pesisir.

Baca Juga: HUT Ke-74 RI, TN Bunaken Gelar Aksi Bersih Sampah

Dikatakannya, kondisi ekosistem wilayah pesisir masih lengkap dan bagus, mulai dari mangrove, lamun dan terumbu karang. Lokasi ini juga mudah dijangkau karena berada di wilayah pesisir utama Pulau Sulawesi. "Wori Divespot sekaligus mengangkat wilayah Minahasa Utara sebagai salah satu bagian dari Taman Nasional Bunaken," katanya.

Keunikan Wori Divespot adalah kondisi substrat berpasir yang menyatu dengan terumbu karang bertipe flat dan slope, dengan berbagai biota starfish sangat menarik bagi pecinta fotografi makro, shrimp, anemon, lionfish, softcoral xenia. Jika beruntung dilokasi ini dapat dijumpai duyung saat menjelang bulan purnama penuh karena kedalaman stabil dan terdapat pakan di hamparan padang lamun.




BAGIKAN

BERI KOMENTAR