Kamis, 23 Januari 2020
News & Nature
Wisata Alam

Pati Ka Dilaksanakan di Danau Tiga Warna Kelimutu

Kamis, 15 Agustus 2019

Tradisi memberi makan para leluhur

Pati Ka Dilaksanakan di Danau Tiga Warna Kelimutu
TN Kelimutu
Pati ka Du'a Bapu Ata Mata (Pati Ka) dilaksanakan di area Danau Tiga Warna Kelimutu, Rabu (14/8/2019)

Ende -- Pati ka Du'a Bapu Ata Mata (Pati Ka) dilaksanakan di area Danau Tiga Warna Kelimutu, Rabu (14/8/2019). Tradisi memberi makan para leluhur di Danau Kelimutu ini selain upacara adat masyarakat setempat juga merupakan even wisata tahunan di Kelimutu dan puncak dari sepekan Festival Danau Kelimutu di Ende.

Acara Pati Ka tahun ini dihadiri oleh Gubernur NTT dan Wakil Wali Kota Kupang selain Bupati Ende, Wakil Ketua DPRD Ende, serta jajaran Pemerintahan Provinsi NTT dan Kabupaten Ende. Selain itu acara ini juga dihadiri rombongan Kementerian Pariwisata, LSM, mahasiswa, wisatawan lokal maupun mancanegara serta masyarakat. 

Gubernur Provinsi NTT, Wakil Bupati Ende, Wakil Walikota Kupang dan Ka Balai TN Kelimutu mengikuti prosesi acara ini dari arakan para mosalaki ke mesbah Pati Ka, upacara pemberian makan kepada arwah leluhur serta acara tarian ritual Ghawi di mesbah Pati Ka.

Setelah upacara Pati Ka dilakukan penyerahan Buku Dwilogi Kelimutu oleh Kepala Balai TN Kelimutu kepada Gubernur NTT, Wakil Bupati Ende, Wakil Walikota Kupang dan ketua DPRD Ende yang dilanjutkan penyerahan secara simbolis kompor krinyuh kepada masyrakat Desa Pemo, Waturaka, Woloara, Niowula dan Saga.

Rangkaian kegiatan Pati Ka ini diakhiri dengan acara makan bersama, pentas seni dan tarian gawi bersama. 

Terimakasih Kepada Gubernur NTT serta rombongan, mosalaki dan masyarakat dan wisatawan lokal maupun manca negara yang sudah meramaikan acara Pati Ka ini.. semoga acara "PATI KA DU'A BAPU ATA MATA" ini akan semakin semarak dan sukses pada tahun berikutnya untuk meningkatkan pariwisata di provinsi NTT



BAGIKAN

BERI KOMENTAR