• Kamis, 1 Desember 2022

Buruan Sae Bisa Jadi Solusi Ancaman Krisis Pangan sebagai Dampak Perubahan Iklim

- Selasa, 15 November 2022 | 21:02 WIB
Buruan Sae solusi ancaman krisis pangan Kota Bandung (bandung.go.id)
Buruan Sae solusi ancaman krisis pangan Kota Bandung (bandung.go.id)

KABAR ALAM - Salah saru isu yang santer dibahas di Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) di Bali adalah dampak perubahan iklim yang bisa mengakibatkan krisis pangan pada tahun depan.

Menanggapi ancaman krisis pangan tersebut, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan, pentingnya memasifkan program Buruan Sae di tiap lingkungan rumah.

"Di Kota Bandung dengan melakukan kegiatan Buruan Sae secara masif, mudah-mudahan bisa memenuhi sebagian dari kebutuhan pangan di Kota Bandung," ujar Yana menanggani ancaman krisis pangan di Balai Kota Bandung, Selasa, 15 Novemmber 2022.

Baca Juga: Hari Menanam Pohon Indonesia 2022, 75 Tanaman Produkrif Ditanam di Persemaian Permanen Bone

Ia mengatakan, selama ini sebanyak 96,7 persen kebutuhan pangan Kota Bandung dipenuhi dari luar daerah. Karena itu, ia berharap, melalui Buruan Sae minimal beberapa komoditas terpenuhi oleh masyarakat sendiri.

"Saya lihat semangat itu ada di masyarakat. Mudah-mudahan kita semakin berkurang ketergantungan pangan dari daerah lain," harapnya.

Pandemi dan resesi global dikhawatirkan memunculkan krisis pangan karena kemungkinan produksi pangan dengan iklim seperti sekarang akan terganggu.

Baca Juga: Penjual Kulit dan Tulang Belulang Harimau Sumatera Terancam 5 Tahun Penjara

"Suplai dari negara penghasil juga akan terbatas. Mungkin mereka juga akan memenuhi untuk kebutuhan negerinya sendiri," ucapnya.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Sumber: Bandung.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wamen LHK Tutup Paviliun Indonesia di COP27 Mesir

Jumat, 18 November 2022 | 20:40 WIB
X