• Jumat, 9 Desember 2022

KTT G20 di Nusa Dua: Bambu, Tanaman Serbaguna yang Secara Ekologis Jadi Solusi Ancaman Perubahan Iklim

- Senin, 14 November 2022 | 15:26 WIB
Menteri LHK, Siti Nurbaya pada Peresmian Prasasti Mama Bambu dan Dialog Perempuan Inspiratif di Bali Collection Hutan Bambu KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Senin, 14 November 2022 (ppid.menlhk.go.id)
Menteri LHK, Siti Nurbaya pada Peresmian Prasasti Mama Bambu dan Dialog Perempuan Inspiratif di Bali Collection Hutan Bambu KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Senin, 14 November 2022 (ppid.menlhk.go.id)

KABAR ALAM - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan, bambu dikenal sebagai tanaman serbaguna, mempunyai peran dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Bahkan, bambu menjadi bagian dari tradisi yang berkembang di masyarakat.

Situ Nurbaya menambahkan, bambu di Indonesia tidak hanya memiliki nilai ekonomi, tetapi juga bernilai ekologi, budaya, religi bahkan perjuangan. Bambu juga sangat strategis untuk dikembangkan menjadi sumber ekonomi baru, sekaligus perbaikan kualitas lingkungan hidup.

“Secara ekologis, bambu dapat menjadi solusi atas adanya ancaman lingkungan dan dampak perubahan iklim,” kata Menteri Siti pada Peresmian Prasasti Mama Bambu dan Dialog Perempuan Inspiratif di Bali Collection Hutan Bambu KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Senin, 14 November 2022.

Baca Juga: KTT G20: Indonesia dan Turki Teken Kerja Sama Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Nusa Dua Bali

Siti Nurbaya menjelaskan, bambu memainkan peran penting dalam restorasi lahan melalui daya adaptasi jenis tanamannya, pendekatan lanskap, dan keberadaannya dalam suatu ekosistem yang berkelanjutan.

Dengan sistem perakaran yang sangat rapat dan menyebar ke segala arah, baik menyamping atau pun ke dalam, bambu memiliki keunggulan sebagai tanaman konservasi lingkungan dalam menjaga ekosistem air.

Secara sosial, bambu merupakan sumber daya alam yang sudah sangat dekat dan tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat di Indonesia.

Baca Juga: Taman Raden Benadi, Destinasi Wisata Alam Baru di Palimanan Cirebon

Bambu merupakan sumberdaya alam yang keberadaannya sangat dekat dan tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat di Indonesia, sehingga dalam mekanisme pegembangannya pendekatan pemberdayaan masyarakat menjadi aspek penting.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wamen LHK Tutup Paviliun Indonesia di COP27 Mesir

Jumat, 18 November 2022 | 20:40 WIB
X