• Jumat, 30 September 2022

Dukung FOLU Net Sink 2030, Pemerintah Standarkan Pengelolaan Gambut Berkelanjutan dengan Konsep 4N, Apa Itu?

- Kamis, 15 September 2022 | 14:38 WIB
Kepala Badan Standardisasi Instrumen LHK (BSILHK), Ary Sudijanto (ppid.menlhk.go.id)
Kepala Badan Standardisasi Instrumen LHK (BSILHK), Ary Sudijanto (ppid.menlhk.go.id)

KABAR ALAM - Kepala Badan Standardisasi Instrumen LHK (BSILHK), Ary Sudijanto menyampaikan, pengelolaan ekosistem gambut dalam kerangka FOLU Net Sink 2030 ditujukan untuk menurunkan emisi dan meningkatkan serapan melalui perbaikan tata air dan restorasi gambut.

Hal itu disampaikan Ary Sudijanto pada workshop Standar Pengelolaan dan Restorasi Gambut dengan Konsep 4N (No burning, No plastic, No fertilizer, Native tree species) di Jakarta, Rabu, 14 September 2022 secara hibrid.

Workshop dilaksanakan untuk mendukung pengelolaan gambut berkelanjutan dalam rangka mewujudkan Indonesia’s FOLU Net Sink 2030.

Baca Juga: BKSDA Sumbar Segera Buka TWA Gunung Marapi, Simak Aturan Baru Pendakiannya

“Workshop ini dilakukan agar konsep 4N dapat diadopsi oleh para pemangku kepentingan dan direplikasi pada berbagai wilayah untuk mendukung restorasi gambut menuju FOLU Net Sink 2030, termasuk Standar/Pedoman dan Manual yang diperlukan dalam mendukung upaya tersebut,” ungkap Ary dalam siaran pers KLHK, Kamis, 15 September 2022.

Selama periode 2018-2022, tercatat beberapa capaian aktivitas kegiatan aplikasi konsep 4N dalam restorasi ekosistem gambut.

Pertama, terbangunnya dua plot restorasi ekosistem gambut di Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah masing-masing seluas 50 Ha termasuk perhitungan karbon pada lima pool karbon di gambut yang perlu terus dimonitor termasuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Potensi serapan karbon di kedua lokasi ini adalah 199,350 tCO2-e.

Baca Juga: World Cleanup Day: Digelar 18 September 2022, Ini Titik Gerakan Pantai Berseri di Kepulauan Selayar

Kedua, restorasi menggunakan native tree species sebanyak 56 spesies. Ketiga, tersusunnya data baseline dan mid term stok karbon pada lima pool karbon di gambut.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Sumber: ppid.menlhk.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ozon Sedunia, Begini Klaim Menteri LHK Siti Nurbaya

Jumat, 16 September 2022 | 21:44 WIB
X