Perkenalkan Kolonel CAJ (K) Nurjanah Suat, Dansektor Perempuan Pertama di Satgas Citarum Harum

- Rabu, 30 November 2022 | 20:46 WIB
Kolonel CAJ (K) Nurjanah Suat mulai bertugas sebagai Komandan Sektor 7 Citarum Haru, (citarumharum.jabarprov.go.id)
Kolonel CAJ (K) Nurjanah Suat mulai bertugas sebagai Komandan Sektor 7 Citarum Haru, (citarumharum.jabarprov.go.id)


KABAR ALAM - Sejak bulan Oktober 2022, Kolonel CAJ (K) Nurjanah Suat mulai bertugas sebagai Komandan Sektor 7 Citarum Harum (Dansektor 7 Citarum Harum). Ia menggantikan Kolonel Inf Sri Wellyanto Kasih yang memimpin Sektor 22.

Kehadiran Kolonel CAJ (K) Nurjanah Suat di Satuan Tugas Citarum Harum memberikan warna berbeda. Sebab, ibu dua anak itu merupakan dansektor perempuan pertama yang ditugaskan menangani Sungai Citarum langsung di tengah masyarakat.

Nurjanah Suat mengaku bangga mendapatkan mandat menjaga kawasan sungai sepanjang 16 km dari Dayeuhkolot hingga Pangauban Kabupaten Bandung, serta 25 anak sungainya. Namun, katanya, sesuai dengan arahan pimpinan, tugas dansektor perempuan dan laki-laki sama saja.

Baca Juga: Pesona Anggrek Mungil di TWA Sicike-cike Kabupaten Dairi

“Kami menggunakan baju TNI ini berat, harus jadi contoh sehingga tindak-tanduk kita bisa ditiru masyarakat. Makanya kami harus membawa nama baik intitusi sehingga di manapun kita harus jadi contoh yang baik untuk ditiru,” ujarnya Nurjanah seperti dikutip KABARALAM.com dari laman citarumharum.jabarprov.go.id, Rabu, 30 November 2022.

Namun sebagai perempuan, Nurjanah mengakui akan melibatkan peranan perempuan dalam menjaga kelestarian Sungai Citarum tersebut secara optimal. Sejumlah program disiapkan dalam rangka memberdayakan kaum ibu untuk menjaga Sungai Citarum dari rumah.

“Karena saya perempuan, kembali ke ibu makanya gunakan deterjen ramah lingkungan, tidak membuang sampah domestik ke sungai langsung karena ini bisa memicu pertumbuhan eceng gondok di sungai dan terutama mencemari sungai,” ucapnya.

Baca Juga: Pipa PLTM Cirompang Bungbulang Garut Bocor, Ini Penjelasan PT Tirta Jabar

Tak hanya itu, ibu-ibu di wilayah Sektor 7 pun diajak untuk membuat apotek maupun warung hidup di pekarangan rumah atau bahkan memanfaatkan pelataran sungai yang aman untuk ditanami sayur-mayur.

Hal itu sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan warga di DAS Citarum Sektor 7 khususnya.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini 5 Kedai Kopi Kekinian di Ketinggian Kuningan

Kamis, 5 Januari 2023 | 12:05 WIB

Hama dan Penyakit Umum Philodendron Erubescens

Kamis, 5 Januari 2023 | 11:40 WIB

Memperbanyak Tanaman Hias Philodendron Erubescens

Kamis, 5 Januari 2023 | 08:50 WIB

Cara Menanam dan Merawat Philodendron Erubescens  

Kamis, 5 Januari 2023 | 08:21 WIB

Masalah Umum Philodendron Gloriosum

Selasa, 3 Januari 2023 | 10:31 WIB
X