• Jumat, 9 Desember 2022

Hari Pohon Sedunia Diperingati Setiap 21 November, Ini Sejarah dan Arti Penting Perayaannya

- Senin, 21 November 2022 | 08:51 WIB
Hari Pohon Sedunia diperingati setiap 21 November.  (Joe/Pixabay)
Hari Pohon Sedunia diperingati setiap 21 November. (Joe/Pixabay)

KABAR ALAM – Dunia memperingati Hari Pohon Sedunia (World Tree Day) pada 21 November setiap tahunnya.

Hari Pohon Sedunia dirayakan untuk selalu mengingatkan masyarakat seluruh dunia akan manfaat pohon bagi kehidupan, terutama untuk kelestarian lingkungan.

Hari Pohon Sedunia juga dirayakan untuk menghormati Julius Sterling Morton, seorang pencinta alam dari Amerika Serikat yang gigih mengampanyekan gerakan menanam pohon.

Dikutip dari laman sulawesi.gakkum.menlhk.go.id, adalah Julius Sterling Morton (1832-1902) yang mengawali kisah diperingatinya Hari Pohon Sedunia.

Baca Juga: Pareresan, Ritual Budaya Beres Panen Masyarakat Agraris di Sekitar Situ Sangiang Majalengka

Julius Sterling Morton merupakan seorang editor sebuah media cetak yang yang antusias dalam masalah lingkungan, terutama pohon.

Ia dan istrinya, Caroline Joy French, pada 1854 pindah dari Michigan ke Nebraska yang saat itu menjadi negara bagian yang baru terbentuk.

Ketika itu, kondisi wilayah tersebut sangat gersang, tak ada pepohonan sama sekali. Penduduk baru tidak hanya merindukan pohon-pohon yang mereka tinggalkan, mereka juga kehilangan pohon-pohon yang mereka butuhkan sebagai penahan angin, untuk menahan tanah, untuk bahan bakar dan bahan bangunan, dan untuk berteduh dari terik matahari.

Untuk itu, Julius Sterling Morton berinisiatif mendorong warga untuk menanam pohon untuk melestarikan lingkungan dan memperindah wilayah permukiman tempat tinggal.

Halaman:

Editor: Yudi Noorahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari Spanyol, Pemain Persib Sampaikan Pray for Cianjur

Senin, 21 November 2022 | 22:01 WIB
X