• Jumat, 9 Desember 2022

Mengenal Selo, Jalur Pendakian Favorit Gunung Merbabu

- Minggu, 13 November 2022 | 20:54 WIB
Pendaki Gunung Merbabu (Instagram/@KementerianLHK)
Pendaki Gunung Merbabu (Instagram/@KementerianLHK)

KABAR ALAM - Taman Nasional Gunung Merbabu menyimpan keindahan alam dataran tinggi Jawa Tengah. Terdapat lima jalur pendakian untuk menggapai puncak Gunung Merbabu.

Kelima jalur pendakian Gunung Merbabu itu adalah Selo (Boyolali), Suwanting (Magelang), Wekas (Magelang), Cunthel (Semarang), dan Thekelan (Semarang).

Berikut gambaran Selo yang selama ini menjadi favorit jalur pendakian seperti dikutip KABARALAM.com dari laman Taman Nasional Gunung Merbabu, tngunungmerbabu.org.

Baca Juga: ITB dan PT Bukit Asam Jalin Kerja Sama Pengembangan Teknologi Pemanfaatan Batu Bara Ramah Lingkungan

Sepanjang perjalanan dari pintu masuk pendakian Selo akan dijumpai berbagai macam flora maupun fauna/satwa. Jenis tumbuhan yang bisa ditemui sepanjang pendakian adalah jenis bintami, cemara gunung, puspa, pinus, pakis, akasia decurens, kesowo, pampung, cantigi, eidelweiss dan lain sebagainya.

Satwa yang bisa dijumpai di jalur pendakian Selo di antaranya adalah rek-rekan (sebagai satwa prioritas di Taman Nasional Gunung Merbabu), lutung budeng/lutung hitam, monyet ekor panjang, ayam hutan, elang maupun beberapa jenis burung.

Jalur pendakian Selo (tngunungmerbabu.org)

Rutenya adalah Basecamp Selo (1.836 mdpl) - Pos 1 Dok Malang (2.189 mdpl) - Simpang Macan (2.270 mdpl) - Pos 2 Pandean (2.412 mdpl) - Pos 3 Batu Tulis (2.503 mdpl) - Sabana 1 (2.770 mdpl) - Sabana 2 (2.856 mdpl) - Puncak Triangulasi (3.139 mdpl) - Puncak Kenteng Songo (3.142 mdpl).

Baca Juga: Catat, KLHK Dukung Gerakan Antikorupsi!

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari Spanyol, Pemain Persib Sampaikan Pray for Cianjur

Senin, 21 November 2022 | 22:01 WIB
X