• Jumat, 30 September 2022

Simak, Bagaimana Cara Merawat Aglonema Agar Subur dan Berdaun Indah. Ada 5 Tips, Apa Saja yang Dihindari?

- Senin, 19 September 2022 | 14:37 WIB
Koleksi tanaman aglonema (KABARALAM.com/Mia Nurmiarani)
Koleksi tanaman aglonema (KABARALAM.com/Mia Nurmiarani)

KABAR ALAM - Keindahan warna daun aglonema yang bervariasi, mencuri perhatian banyak pecinta tanaman hias. Warna merah, pink, magenta, ungu, kuning serta corak khas daun ini tentu saja menjadi daya tarik utama, mengapa tanaman ini banyak disukai.

Pecinta tanaman hias bersedia merogoh kecek ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Meski begitu ada juga jenis aglonema yang harganya berkisar puluhan ribu rupiah.

Aglonema adalah tanaman dari suku talas-talasan araceae, tumbuh suduh di daerah tropis dan subtropis di Asia dan Nugini. Habitat asli aglonema di hutan yang minim cahaya, sehingga memungkinkan aglonema dijadikan tanaman hias yang disimpan di dalam rumah.

Namun ternyata, jika tanaman hias aglonema ini diletakkan di dalam rumah, sangat riskan. Getahnya mengandung racun yang bisa menyebabkan gatal-gatal dan pembengkakan pada area mulut sampai gejala yang paling mengerikan adalah kejang-kejang.

Baca Juga: Punya Program Bina Lingkungan Hidup, Budi Cahyana Jadi Ketua IKA F-MIPA Unpad

Oleh karenanya, tanaman aglonema ini tidak dsarankan untuk diletakkan di dalam rumah apalagi jika diletakkan di area yang terjangkau anak dan hewan peliharaan rumah.

Meski perawatannya terbilang mudah, ternyata, begini cara merawat aglonema agar subur dan berdaun indah, apa yang dihindari? Dikutip Kabaralam.com dari berita Portalsulut.pikiran-rakyat.com, yuk kita simak bagaimana caranya.

  1. Menyiram aglonema setiap hari,

Menyiram tanaman hias aglonema setiap akan menyebabkan media tanam yang selalu basah sehingga tanaman aglonema berpotensi busuk akar dan layu.

oleh Karena itu, atur waktu penyiraman yang disarankan kisaran 3-4 hari sekali atau sesuaikan dengan kelembaban media tanam.

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terungkap, Wapres RI Ternyata Merawat Aglaonema Juga

Rabu, 28 September 2022 | 07:39 WIB
X