• Jumat, 30 September 2022

Tanaman Legendaris Sulawesi Utara, Pakoba Penawar Berbagai Penyakit Kronis

- Sabtu, 17 September 2022 | 17:58 WIB
Pakoba, tanaman dengan sejuta manfaat (balithut.manado.org)
Pakoba, tanaman dengan sejuta manfaat (balithut.manado.org)

KABAR ALAM - Pernah mendengar tanaman bernama pakoba? Bernama latin Syzigium luzonense Merr. Merr, pakoba adalah salah satu pohon unggulan Sulawesi Utara yang memiliki nilai budaya erat dengan masyarakat.

Mengutip laman BPSILHK Manado, kayu pakoba merupakan salah satu jenis kayu yang masuk dalam tanaman kelas kuat III dan banyak dimanfaatkan sebagai kayu konstruksi.

Buah pakoba banyak dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi olahan makanan tradisional. Selain itu, daun dan kulit kayu tanaman pakoba juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal.

Baca Juga: Dukung Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, Universitas Syiah Kuala Deklarasikan Kampus Hijau

Dalam buku hasil penelitian peneliti BPSILHK Manado berjudul “Mengenal Pakoba: Tumbuhan Sejuta Manfaat” disebutkan, tanaman pakoba secara historis mampu menjadi penawar bagi berbagai penyakit kronis, terutama diabetes yang sampai sekarang masih menjadi ancaman kesehatan bagi masyarakat modern.

Pohon pakoba sangat populer di Sulawesi Utara. Penyebaran alami tumbuhan ini secara administratif meliputi wilayah Kabupaten Minahasa dan wilayah pemekarannya serta Kabupaten Bolaang Mongondow dan wilayah pemekarannya.

Pakoba merupakan jenis tumbuhan dengan pertumbuhan yang agak lambat atau medium growing species.

Baca Juga: World Cleanup Day 2022: Pemkab Bandung Siapkan Inovasi Pengelolaan Sampah Efektif, Apa Kang DS?

Pakoba juga dikenal sebagai jambu hutan atau jambu minahasa karena secara morfologi karakteristik batang dan buah yang mirip dengan jenis jambu-jambuan.***

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terungkap, Wapres RI Ternyata Merawat Aglaonema Juga

Rabu, 28 September 2022 | 07:39 WIB
X