• Jumat, 30 September 2022

Tips Membangun atau Merenovasi Rumah Ramah Lingkungan

- Senin, 12 September 2022 | 13:57 WIB
Ilustrasi rumah ramah lingkungan (pixabay.com)
Ilustrasi rumah ramah lingkungan (pixabay.com)

KABAR ALAM - Rumah ramah lingkungan menjadi idaman siapapun. Lalu, apa dan bagaimana sih rumah yang dikategorikan ramah lingkungan itu.

Mengutip postingan di akun Instagram Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat, @dlh_jabar, Senin, 12 September 2022, yang dimaksud konsep rumah ramah lingkungan yaitu rumah yang dibangun dengan memanfaatkan potensi alam secara maksimal dan menerapkan gaya hidup yang berkelanjutan di dalamnya.

Hal yang berkaitan pada rumah ramah lingkungan secara berkelanjutan yaitu dilihat dari segi ketahanan, ekonomi, kebutuhan, dan kenyamanan dalam rumah.

Baca Juga: Pemko Pekanbaru Berencana Serahkan Pengelolaan Sampah kepada Pihak Ketiga

Selain ramah terhadap lingkungan, rumah itu juga memberikan manfaat bagi pemiliknya, di antaranya dapat lebih hemat serta memberikan kenyamanan kepada penghuni rumah.

Berikut beberapa tips membangun atau merenovasi rumah ramah lingkungan yang diberikan DLH Jawa Barat;

1. Sesuaikan desain rumah dengan lingkungan agar cahaya dan sirkulasi udara dapat dimanfaatkan dengan optimal, sehingga dapat menghemat penggunaan lampu dan penyejuk ruangan.

Baca Juga: Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) Ke-212: Yuk, Tukar Sampah dengan Sembako!

2. Siapkan sistem pengelolaan limbah, baik limbah cair yang dihasilkan dari saluran pembuangan, maupun limbah sampah dari rumah tangga.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terungkap, Wapres RI Ternyata Merawat Aglaonema Juga

Rabu, 28 September 2022 | 07:39 WIB
X