Diperingati Setiap 4 Desember, Ini Tokoh yang Menginisiasi Peringatan Hari Konservasi Kehidupan Liar

- Rabu, 30 November 2022 | 22:02 WIB
Barang bukti burung dilindungi diamakan Gakkum LHK (ppid.menlhk.go.id)
Barang bukti burung dilindungi diamakan Gakkum LHK (ppid.menlhk.go.id)

KABAR ALAM - Bulan Desember segera datang. Di bulan pamungkas tersebut, tepatnya pada tanggal 4 Desember akan datang peringatan Hari Konservasi Kehidupan Liar atau Wildlife Conservastion Day.

Hari Konservasi Kehidupan Liar atau Wildlife Conservastion Day pertama kali diperingati pada tahun 2012. Peringatan ini bertujuan untuk mengatasi masalah kejahatan terhadap satwa liar.

Dikutip KABARALAM.com dari laman ksdae.menlhk.go.id, Hari Konservasi Kehidupan Liar atau Wildlife Conservastion Day berawal dari inisiatif Hillary Clinton, saat dirinya masih menjabat Menteri Luar Negeri Amerika Serikat di periode pertama pemerintahan Barack Obama.

Baca Juga: Perkenalkan Kolonel CAJ (K) Nurjanah Suat, Dansektor Perempuan Pertama di Satgas Citarum Harum

Ketika memberikan sambutan dalam seminar bertema Perdagangan Hewan Liar dan Konservasi di Kementerian Luar Negeri AS, 8 November 2012, Hillary Clinton mengatakan, salah satu persoalan yang dihadapi dunia saat ini adalah masalah perdagangan satwa liar.

“Hewan liar tidak dapat dipabrikasi. Dan sekali dia hilang, maka dia tidak bisa diciptakan kembali. Siapa yang mengambil keuntungan dari tindakan ilegal ini tidak hanya merusak perbatasan dan ekonomi kita, mereka juga mencurinya dari generasi mendatang,” kata Hillary Clinton ketika itu.

Inisiatif Hillary Clinton menjadikan 4 Desember sebagai Hari Konservasi Hewan Liar juga disambut bagi NGO internasional WWF dan masyarakat dunia lainnya.

Baca Juga: Pesona Anggrek Mungil di TWA Sicike-cike Kabupaten Dairi

Namun, jauh senbelumnya, tepatnya di awal tahun 1900-an, seruan akan pentingnya konservasi satwa liar telah dimulai.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X