• Jumat, 9 Desember 2022

Empat Flora Prioritas di Taman Nasional Gunung Merbabu, Nomor 4 Tanda Cinta Abadi

- Sabtu, 19 November 2022 | 15:26 WIB
Edelweis Gunung Merbabu (www.exploregunung.net)
Edelweis Gunung Merbabu (www.exploregunung.net)

KABAR ALAM - Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) Jawa Tengah memiliki potensi flora yang sangat bervariasi.

Berdasarkan data statistik tahn 2019, Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) memiliki 135 jenis flora yang terdiri dari 35 jenis pohon, 100 jenis tumbuhan bawah, 60 jenis tanaman obat, dan 57 jenis tanaman hias.

Dikutip dari laman resmi Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb), dari beberapa jenis tersebut dipilih spesies prioritas yaitu saninten (Castanopsis argantea), edelweiss (Anaphalis javanica), kemlandingan gunung (Paraserianthes lophantha) dan kesowo (Engelhardia serrata).

Baca Juga: Menikmati Sensasi Nasi Liwet Tengah Sawah dan Saung Tepian Sungai di Binuang Integral Park Majalengka

Pemilihan spesies tumbuhan prioritas TNGMb tersebut didasarkan pada status konservasi serta peraturan perundangan. Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.57/Menhut-II/2008 tentang Arahan Strategis Konservasi Spesies Nasional 2008-2018, menetapkan saninten (Castanopsis argantea) sebagai tumbuhan prioritas.

Dalam peraturan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup No:P. 106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 dicantumkan bahwa saninten merupakan salah satu jenis yang dilindungi.

Seleksi selanjutnya dilakukan berdasarkan kriteria IUCN yang menyebutkan edelweiss (Anaphalis javanica) termasuk dalam kategori “Critically Endangered” dan Peraturan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Nomor : P. 106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 sebagai jenis yang dilindungi. Edelweiss merupakan tumbuhan yang bersifat intoleran, dan dapat hidup pada tanah yang miskin kandungan hara (van Steenis, 1978).

Persebaran jenis-jenis tumbuhan prioritas tersebut di atas berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sebaran jenis prioritas diperolah dari hasil analisis spasial kegiatan pemetaan potensi flora dan rekapitulasi tallysheet SIMERU tahun 2017-2020, sebagai berikut;

Baca Juga: Mengintip 23 Potensi Wisata di Desa Bantaragung Majalengka

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X