• Jumat, 9 Desember 2022

Mengintip Daya Tarik Flora dan Fauna di Batu Barat Taman Nasional Gunung Palung Kalimantan Barat

- Jumat, 11 November 2022 | 19:02 WIB
Bekantan satwa endemik Kalimnantan (tngunungpalung.com)
Bekantan satwa endemik Kalimnantan (tngunungpalung.com)

KABAR ALAM - Batu Barat merupakan salah satu kawasan di Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat, yang memiliki daya tarik wisata. Selain panorama alam, daya tarik itu berupa keaneragaman flora dan fauna.

Dikutip KABARALAM.com dari laman Taman Nasional Gunung Palung, tngunungpalung.com, secara administratif, Desa Batu Barat terletak di Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara.

Sedangkan secara wilayah pengelolaan taman nasional, Desa Batu Barat termasuk dalam pengelolaan Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Teluk Melano.

Baca Juga: Menangkap Momen Eksotis Saat Matahari Terbenam di Pantai Kejawanan Cirebon

Wilayah desa ini dipisahkan dengan Taman Nasional oleh sungai besar yang mengalir dari Matan hingga Teluk Melano.

Akses menuju Desa Batu Barat dapat ditempuh melalui kota kecil Teluk Melano di Kecamatan Simpang Hilir sekitar 20 km dari Kota Sukadana, ibu kota Kabupaten Kayong Utara yang merupakan kota perdagangan dan bongkar muat kapal barang dari dan ke pedalaman Kabupaten Kayong Utara.

Speedboat dari Pontianak, ibukota provinsi juga bisa mencapai kota ini dengan waktu tempuh 4 jam dan berangkat 2 kali dalam sehari.

Baca Juga: Pastikan Ada Unsur Pidana, Bareskrim Polri Usut Perusahaan Farmasi Produsen Obat Sirop 'Berbahaya'

Dari Teluk Melano dapat langsung menuju Desa Batu Barat dengan menggunakan jalur darat atau jalur air. Jalur darat dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan menggunakan sepeda motor (ojek).

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X