• Senin, 26 September 2022

Lindungi Ternak Warga dari Serangan Harimau, SPTN V Bohorok Bantu Warga Bangun Kandang TPE

- Jumat, 23 September 2022 | 15:28 WIB
Pembuatan kandang TPE (tiger protection enclosure) untuk melindungi ternak warga dari serangan harimau. (gunungleuser.or.id)
Pembuatan kandang TPE (tiger protection enclosure) untuk melindungi ternak warga dari serangan harimau. (gunungleuser.or.id)


KABAR ALAM - Untuk melindungi ternak dari serangan harimau sumatera, petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah V Bohorok Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) bersama volunter Yayasan Sumatera Hijau Lestari (YSHL) membantu warga membangun kandang ternak TPE, Kamis 22 September 2022.

Kandang TPE atau tiger protection enclosure merupakan kandang yang dibuat dari kayu atau bambu yang dilapisi atau dikelilingi kawat berduri.

Pemasangan duri ini sebagai upaya mencegah ternak dari serangan harimau.

Dengan pembuatan kandang TPE ini memberi rasa aman kepada warga yang memiliki ternak.

Baca Juga: Peningkatan Kapasitas Masyarakat Sekitar Kawasan Rantau Sialang-Taman Nasional Gunung Leuser

Baca Juga: Had Conflict with Humans, Lhokbe Finally Can Run Through Gunung Leuser National Park

Kepala SPTN V Bahorok, Palber Turnip meyakini bahwa keberadaan ternak di sekitar kawasan akan menjadi salah satu stimulus bagi harimau sumatera (yang juga oportunistik seperti makhluk pada umumnya) keluar dari kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser.

"Maka, faktor ini harus menjadi salah satu perhatian untuk mencegah terjadinya kontak antara harimau sumatera dengan ternak warga,” jelas Palber Turnip seperti dikutip dari laman gunungleuser.or.id.

Baca Juga: Menikmati Wisata Sungai Berkail dan Pesta Pernikahan Suku Karo di Batu Katak Taman Nasional Gunung Leuser

Baca Juga: Ranger Inong, Perempuan Penjaga Kawasan Ekosistem Leuser

Turnip juga menambahkan bahwa bantuan pembangunan kandang ini dapat mendorong warga untuk membangun peternakan modern dengan kandang yang lebih permanen.

“Termasuk dengan cara meminta kepala desa untuk menghubungi satker terkait di Kabupaten Langkat agar membantu warga terkait dengan usaha peternakan,” tambahnya.***

Editor: Yudi Noorahman

Sumber: gunungleuser.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harimau Sumatera Terkejut, Seorang Pegawai Jadi Korban

Rabu, 14 September 2022 | 12:20 WIB
X