• Jumat, 30 September 2022

Harimau Sumatera Terkejut, Seorang Pegawai Jadi Korban

- Rabu, 14 September 2022 | 12:20 WIB
Barak lokasi penyerangan harimau sumatera terhadap seorang karyawan (ksdae.menlhk.go.id)
Barak lokasi penyerangan harimau sumatera terhadap seorang karyawan (ksdae.menlhk.go.id)


KABAR ALAM - Konflik manusia dan satwa liar terjadi di Kabupaten Pelalawan, Riau, awal bulan September 2022 ini. Seorang karyawan PT RPM bernama Nihar (41) terpaksa dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selisih Pangkalan Kerinci, Minggu, 4 September 2022 lalu, sekitar pukul 23.10 WIB.

Sebelumnya, Nihar sempat mendapatkan pertolongan pertama di klinik mitra perusahaan tempatnya bekerja karena mengalami luka di beberapa bagian tubuhnya akibat adanya interaksi negatif dengan harimau sumatera berupa serangan dan cakaran.

Dikutip dari laman ksdae.menlhk.go.id menyebutkan, kejadian tersebut berada di areal konsesi HTI yang berlokasi di dalam kawasan hutan produksi di Desa Serapung, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Baca Juga: Pestisida Nabati Pengganti Pestisida Kimia

Kronologis kejadian berawal pada Sabtu, 3 September 2022 sekira pukul 22.00 WIB, Nihar berniat buang air kecil ke kamar mandi di belakang barak. Pada saat keluar dari pintu barak dan berjalan ke arah kamar mandi, tiba-tiba dikagetkan dengan adanya seekor harimau sumatera di depannya.

Harimau tersebut terkejut dengan kehadiran Nihar sehingga melakukan serangan dengan mencakar beberapa bagian tubuhnya. Nihar kemudian berteriak meminta pertolongan dan beberapa orang rekannya datang sehingga harimau pun pergi menjauh.

Upaya lapangan yang dilakukan atas kejadian tersebut adalah dengan menekankan kepada semua karyawan untuk berhati-hati beraktivitas di luar barak.

Baca Juga: World Cleanup Day 2022, Ini 10 Link Twibbon Kobarkan Semangat Hari Bersih-bersih Sedunia

Mereka juga diimbau tidak keluar barak sendirian ketika malam hari dan memasukkan hewan peliharaannya ke dalam kandang tertutup agar tidak mengundang harimau.

Tim juga mengimbau untuk melakukan pembersihan areal sekitar barak dan memasang terpal plastik hitam mengelililingi sebagai penghalang pandangan harimau.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Sumber: ksdae.menlhk.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X