Selasa, 31 Maret 2020
News & Nature
Konservasi

BKSDA Kalsel Bahas Pemulihan Ekosistem

Rabu, 19 Februari 2020

Di Suaka Margasatwa Kuala Lupak

BKSDA Kalsel Bahas Pemulihan Ekosistem
ksdae.menlhk.go.id
Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan menggelar rapat persiapan penanaman pemulihan ekosistem di Suaka Margasatwa Kuala Lupak, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala melalui kegiatan rehab DAS IPPKH oleh PT. Adaro Indonesia, Senin (17/2/2020)

Banjarbaru -- Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan menggelar rapat persiapan penanaman pemulihan ekosistem di Suaka Margasatwa Kuala Lupak, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala melalui kegiatan rehab DAS IPPKH oleh PT. Adaro Indonesia, Senin (17/2/2020). Rapat dipimpin Kepala BKSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi Kepala SKW II Banjarbaru M. Ridwan Effendi S.Hut.,M.Si dan dihadiri dari tim Adaro Indonesia.

Dalam arahannya Dr. Mahrus menjelaskan, pemulihan ekosistem di Suaka Margasatwa Kuala Lupak bukan hanya permasalahan teknis berupa penanaman, tetapi ada persoalan sosial yaitu bagaimana melakukan upaya  penanganan konflik tenurial keterlanjutan tambak yang sudah berlangsung selama puluhan tahun. Untuk itu, dalam pelaksanaannya pihak Adaro Indonesia melibatkan masyarakat petambak yang sudak terbentuk dalam kelompok kemitraan konservasi dan telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan.

Baca Juga: BKSDA Kalsel Evaluasi Kemitraan Konservasi

Adapun ruang lingkup yang tertuang dalam perjanjian kerjasama yaitu pemulihan ekosistem di areal kerjasama, pengamanan areal pemulihan ekosistem dan membantu perlindungan satwa liar
Pengembangan kapasitas masyarakat.
 
Dalam paparan tim Adaro Indonesia yang diwakili Suwani selaku Rehabilitation Division Head memastikan, keberhasilan kegiatan penanaman dalam rangka rehabilitasi DAS di SM. Kuala Lupak akan dilaksanakan melalui  kemitraan dengan masyarakat setempat yaitu dengan Kelompok Mitra Konservasi “Suka Maju” Desa Kuala Lupak dan Kelompok Mitra Konservasi "Mandiri Bersama“ Desa Sungai Telan Besar Kecamatan Tabunganen Kabupeten Barito Kuala. 

Kegiatan Rehabilitasi DAS di Suaka Margasatwa Kuala Lupak akan dilaksanakan melalui 3 tahapan yaitu pra operasional (penyiapan bibit tanaman, penyiapan jenis tanaman, penyiapan lahan), 
operasional (penanaman, pemupukan, pemeliharaan, engadaan sarana & prasarana, perlindungan, -pengamanan hutan), dan pascaoperasional (serah terima hasil kegiatan).
 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR