Senin, 27 Januari 2020
News & Nature
Konservasi

TNBNW Gelar Rapat Menuju Good Governance

Senin, 13 Januari 2020

Membuka tahun 2020

TNBNW Gelar Rapat Menuju Good Governance
ksdae.menlhk.go.id
Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) mengawali tahun 2020 dengan rapat

Kotamobagu -- Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) mengawali tahun 2020 dengan rapat. Rapat kali ini membahas berbagai macam rencana aksi dan masalah yang dihadapi pada tahun 2020 untuk mendukung pelaksanaan kegiatan yang lebih baik. Rapat diikuti seluruh ASN dan tenaga kontrak TNBNW yang tersebar dari 3 Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN). Mereka sangat antusias mengikuti rapat perdana awal tahun 2020. 

Diskusi yang menarik tentang pembahasan dengan disertai adu argumentasi untuk arah perbaikan yang positif dan konstruktif, namun tetap dalam suasana hangat. Poin pembahasan rapat adalah terkait rencana besar kegiatan pengelolaan kawasan berbasis RBM (Resort Based Management) dengan mengadopsi 10 cara baru kelola kawasan konservasi yang digagas oleh Dirjen KSDAE, di mana resort dijadikan ujung tombak pembaharuan konservasi dalam pelaksaan tugasnya. 

Baca Juga: TNBNW Teken Kerjasama Kemitraan Konservasi

Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan rencana bidang teknis yaitu, PEH (Pengendali Ekosistem Hutan), Polhut, Penyuluh dan dukungan Tata Usaha Balai. Selain itu, dilaksanakan pembahasan anggaran DIPA Tahun 2020, dengan melakukan prinsip anggaran yang transparan dan akuntabel. Diharapkan, hal itu dapat memenuhi prinsip penerapan pemerintahan yang baik sehingga tidak ada lagi sistem anggaran siluman.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kekompakan, saling percaya, soliditas dan kerjasama personil Balai TNBNW sehingga menciptakan iklim yang baik dalam mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari. "ASN dan tenaga kontrak harus memiliki inovasi dalam bertugas untuk menciptakan daya saing yang mampu berkompetisi di tengah perubahan zaman yang begitu cepat," ujar Kepala Balai TNBNW, Supriyanto.

Baca Juga: Polisi Kehutanan TNBNW Terus Berinovasi

Dikatakannya, sumber daya manusia merupakan kunci keberhasilan dalam mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari dalam mewujudkan daya saing menuju indonesia maju. Dalam Akhir sambutannya, Supriyanto menyatakan tidak ada yang mampu melawan arus perubahan tetapi harus menerima perubahan dari sisi yang positif sehingga akan menjadi manusia yang unggul sebagai pemenang.
 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR