Senin, 27 Januari 2020
News & Nature
Konservasi

TN Taka Bonerate Bahas RPK 2020

Jumat, 10 Januari 2020

Dalam sebuah rapat besar

TN Taka Bonerate Bahas RPK 2020
ksdae.menlhk.go.id
Rapat pembahasan RPK 2020 TN Taka Bonerate

Kepulauan Selayar -- Beberapa hari terakhir, setiap koordinator fungsional atau bidang keteknisan mengumpulkan personelnya untuk membahas bersama rencana waktu, maksud, tujuan, sasaran, ruang lingkup, output kegiatan, metoda, teknis pelaksanaan, dan personil yang terlibat dalam pembahasan yang dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Kegiatan. Pada Kamis (9/1/2020), rapat besar pemaparan materi Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Balai TN Taka Bonerate pun digelar.

Rencana Pelaksanaan Kegiatan bertujuan untuk mensinkronkan pelaksanaan kegiatan dengan perencanaannya, mengetahui kapan pelaksanaan dan selesainya kegiatan, mengetahui siapa saja yang terlibat, mendapatkan kegiatan yang sistematis termasuk biaya, memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai kegiatan pekerjaan, sebagai alat deteksi hambatan yang akan ditemui serta mengarahkan pada pencapaian tujuan.

Baca Juga: Semangat TN Taka Bonerate Songsong Tahun 2020

Rapat penyajian RPK dipimpin Kepala Balai Faat Rudhianto yang didampingi oleh Kepala Sub Tata Usaha Usman. Bertempat di ruang rapat Balai TN Taka Bonerate, rapat dihadiri  seluruh pejabat Fungsional PEH, POLHUT dan Penyuluh Kehutanan, Kepala SPTN Wil.I dan II, Kepala Resor, dan seluruh staf Balai TN Taka Bonerate.

"Hari ini kita berkumpul untuk mendengarkan paparan atau penyajian RPK masing-masing penanggungjawab, baik per supporting unit, ketatausahaan, SPTN dan fungsional tertentu, bagaimana rencana pelaksanaan kegiatan atau TOR yang teman-teman susun, apakah itu rencana waktu, metoda, pembahasan, lokasi, dll sudah sesuai ketentuan, dapat dilaksanakan dengan benat dan dirasakan mamfaatnya," ujar Faat.

Baca Juga: TNTBR Bantu 7 Kelompok Nelayan Susun RPP dan RKT

Ada 3 RPK yang dipaparkan dari fungsional Polhut, 7 dari fungsional Penyuluh dan 11 dari fungsional PEH.

Untuk kesempatan perdana dari fungsional Polhut menyajikan RPK kegiatan-kegiatan yang berupa kegiatan perlindungan terdiri dari Patroli Gabungan, Patroli Fungsional Perairan, Patroli bersama MMP. Sajian RPK dari Fungsional Polhut dibawakan oleh Koordinator Polhut Balai TN Taka Bonerate, Fahmi Syamsuri. "Sesuai rapat intern di Polhut bahwa rencana kegiatan Polhut akan aktif mulai pada bulan Januari ini," ujarnya.

Fahmi menyampaikan, setiap Kepala Resort (Kares) akan menjadi Ketua Tim pelaksana kegiatan dengan memaksimalkan aplikasi pendukung pencatat mobile "Smart Patrol" yang memudahkan teman pencatatan observasi patroli dan pengumpulan database.

Baca Juga: TNTBR Gelar Pelatihan Enumerator Perikanan

Setelah Polhut menyajikan RPK, dilanjutkan fungsional PEH yang disampaikan Koordinator PEH Balai TN Taka Bonerate, Saleh Rahman.  "Ada beberapa kegiatan yang berulang jadi kami akan lebih fokus sajikan RPK yang kegiatan baru dilaksanakan tahun 2020 ini," kata Saleh.

Tahun ini ada 11 kegiatan utama yang akan dikerjakan di bidang keteknisan PEH dengan aktif melaksanakan kegiatan dimulai bulan Februari. Dengan 5 kegiatan yang baru dilaksanakan tahun 2020 ini.

Baca Juga: DWP Kep. Selayar Gelar Seminar Lingkungan Sehat

Penyaji terakhir dari fungsional Penyuluh dengan memaparkan 7 RPK yang terdiri 4 kegiatan baru dan 3 kegiatan berulang. Sajian RPK diawali dari kegiatan Inventarisasi dan Verivikasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dibawakan oleh Koordinator Penyuluh Balai TN Taka Bonerate, Asep Pranajaya. Sajian RPK selanjutnya disampaikan oleh Syamsuriani untuk kegiatan Pengembangan Usaha Ekonomi dan Bina Cinta Alam. Kemudian dilanjutkan paparan RPK Peningkatan Kapasitas MDK (Model Desa Konservasi) oleh Irvandi Aznur.

Setiap penyajian RPK per fungsional langsung dibuka sesi tanya-jawab dan masukan-masukan untuk memantapkan kegiatan-kegiatan di tahun 2020. Di penghujung rapat kepala balai berpesan agar memperhatikan secara cermat dan benar-benar setiap kegiatan, baik secara teknis maupun secara administrasi, sehingga tercapai tujuan yang diharapkan.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR