Kamis, 23 Januari 2020
News & Nature
Konservasi

BKSDA Kalsel Teken PKS Pemulihan Ekosistem

Rabu, 4 Desember 2019

Di Suaka Margasatwa Kuala Lupak

BKSDA Kalsel Teken PKS Pemulihan Ekosistem
ksdae.menlhk.go.id
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kelompok “Suka Maju” Desa Kuala Lupak dan “Maju Bersama” Desa Sungai Telan Besar Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala

Banjarbaru -- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kelompok “Suka Maju” Desa Kuala Lupak dan “Maju Bersama” Desa Sungai Telan Besar Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. PKS terkait percepatan penyelesaian konflik tenurial keterlanjuran tambak di Suaka Margasatwa (SM) Kuala Lupak melalui skema Kemitraan Konservasi dalam rangka Pemulihan Ekosistem.

Penandatanganan PKS Kepala BKSDA Kalimantan Selatan Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc dengan Ketua Kelompok Kemitraan Konservasi “Suka Maju” Desa Kuala Lupak, Jawase dan Ketua kelompok kemitraan konservasi “Maju Bersama” Desa Sungai Telan Besar, H. Nurdin yang disaksikan oleh Kepala Sub Tata Usaha, Suwandi, S.Hut, MA dan perwakilan dari anggota kelompok kemitraan konservasi. “Dengan Penandatangan Kerjasama diharapkan masyarakat turut terlibat  aktif di areal pemulihan ekosistem dan membantu perlindungan satwa liar,” kata Mahrus.

Baca Juga: MMK Kuala Lupak Ikuti Penguatan Kapasitas Lembaga

Penandatanganan merupakan bagian dari Proyek Perubahan Diklatpim III untuk Jangka Menengah dari Kepala BKSDA Kalsel. Tujuan dari Perjanjian kerjasama ini untuk mengembalikan fungsi ekosistem secara bertahap dan mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Ruang lingkup perjanjian kerja sama meliputi pengamanan areal pemulihan ekosistem dan membantu perlindungan satwa liar, pemulihan ekosistem di areal kerjasama, dan pengembangan kapasitas masyarakat.

Baca Juga: BKSDA Kalsel Urun Rembuk Kegiatan Konservasi

Jangka waktu perjanjian kerja sama berlaku selama 10 (sepuluh) tahun yang akan ditindak lanjuti dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan dijabarkan ke dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT).



BAGIKAN

BERI KOMENTAR