Minggu, 8 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

Majukan Pokmas, TN MerBeti Gandeng Akademisi

Rabu, 27 November 2019

Adakan pelatihan teknologi pengolahan yogurt

Majukan Pokmas, TN MerBeti Gandeng Akademisi
ksdae.menlhk.go.id
Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) bersama Politeknik Negeri Jember (Polije) mengadakan pelatihan teknologi pengolahan yogurt sebagai diversifikasi produk susu kambing dan edukasi manajemen pada kelompok Baban Lestari di Balai Desa Mulyorejo, Senin (25/11/2019)

Jember -- Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) bersama Politeknik Negeri Jember (Polije) mengadakan pelatihan teknologi pengolahan yogurt sebagai diversifikasi produk susu kambing dan edukasi manajemen pada kelompok Baban Lestari di Balai Desa Mulyorejo, Senin (25/11/2019).

Kegiatan dihadiri Kepala SPTN Wilayah III Kalibaru, Sulistrianto, S.Si., M.Si. beserta staf Seksi, anggota MMP Resort Baban, perwakilan staf Balai Desa Mulyorejo dan peserta dari kelompok Baban Lestari.

Baca Juga: TN MerBeti Hadiri Rakor Bidang Kehutanan Jember

Pemateri dari Dosen Polje yaitu Dr. Ir. Merry Muspika, MP; Dr. Ir Dadik, M.Si; Dr. Ir Hariadi, MP menyampaikan mengenai cara-cara pengolahan peranakan kambing etawa yang benar, terutama dalam pemanfaatan susu kambing etawa. Jenis kambing ini dimanfaatkan susunya bukan untuk diambil dagingnya. Untuk lebih memahaminya, peserta diajak untuk praktek langsung cara memerah susu kambing yang baik dan benar. Sedangkan pelatihan yogurt nantinya akan diadakan di laboratorium Polije karena pengolahan yogurt harus steril.

“Peningkatan kapasitas masyarakat harus selalu kita lakukan sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar melalui konsep petik olah jual. Demikian juga dengan pendampingan program merupakan bagian yang penting sehingga program tersebut tercapai dan tepat sasaran. Bangun komunikasi yang intensif untuk mengetahui tingkat kemampuan masyarakat dan support yang harus kita dukung. Mantap sukses untuk Tim Baban dan seksi wilayah," kata Kepala Balai TN MerBeti,  Maman Surahman, S.Hut., M.Si.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR