Sabtu, 7 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

BKSDA Kalsel Resmikan Rumah Gerbaca

Jumat, 15 November 2019

Optimalisasi kantor TWA Pelaihari

BKSDA Kalsel Resmikan Rumah Gerbaca
ksdae.menlhk.go.id
Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. meresmikan penggunaan Kantor Resort Taman Wisata Alam (TWA) Pelaihari sebagai Rumah Gerbang Batakan Membaca dan Maju Bersama (Gerbaca), 12 November 2019

Batakan -- Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. meresmikan penggunaan Kantor Resort Taman Wisata Alam (TWA) Pelaihari sebagai Rumah Gerbang Batakan Membaca dan Maju Bersama (Gerbaca), 12 November 2019. Peresmian dihadiri Kepala Subag TU Suwandi, S.Hut, MA dan didampingi beberapa staf BKSDA Kalimantan Selatan serta Kepala Desa Batakan, Arsani bersama tokoh masyarakat.

Acara dimulai dengan doa yang dipimpin oleh tokoh agama setempat yaitu Habib Husien Assegaf. Dalam sambutannya, Mahrus menyampaikan, kegiatan Rumah Gerbaca di Resort TWA Pelaihari menjadi jembatan untuk menjaga komunikasi yang baik dengan warga Desa Batakan. Dengan begitu diharapkan hubungan komunikasi harmonis ini memudahkan BKSDA Kalimantan Selatan melaksanakan tugas pokoknya yaitu melakukan pengamanan dengan melibatkan masyarakat Desa Batakan, melakukan pemulihan ekosistem melalui kemitraan konservasi, dan pengembangan wisata berbasis masyarakat.

Baca Juga: BKSDA Kalsel Hadiri RDP di DPRD Kotabaru

Rumah Gerbaca merupakan bentuk optimalisasi fungsi Resort TWA Pelaihari melalui literasi dan teknologi tepat guna yang dapat digunakan masyarakat di sekitar kawasan untuk tempat belajar membaca. Seksi Konservasi Wilayah I Pelaihari melalui Resort TWA Pelaihari menyediakan dan menginisiasi rekrutmen tenaga pengajar sukarela yang berasal dari pemuda Batakan yg tergabung dalam organisasi Ikatan Pemuda dan Sarjana (Ikmada) Kalsel Cabang Tanah Laut  agar membantu kegiatan belajar mengajar masyarakat sekitar kawasan. 

Rumah Gerbaca ini merupakan proyek perubahan Kepala SKW I Mirta Sari, S.Hut., M.P. Diharapkan kegiatan optimalisasi fungsi Resort TWA Pelaihari melalui Rumah Gerbaca dapat menjadi sarana yang positif dapat dipergunakan dengan baik untuk meningkatkan pengetahuan oleh masyarakat. 

Kepala Desa Batakan Bapak Arsani mengucapkan terima kasih kepada BKSDA Kalimantan Selatan atas perhatian dan bantuannya serta mendukung sepenuhnya kegiatan kantor resort TWA Pelaihari sebagai Rumah Gerbaca.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR