Sabtu, 7 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

TNTBR Gelar Pelatihan Enumerator Perikanan

Rabu, 13 November 2019

Libatkan masyarakat lokal

TNTBR Gelar Pelatihan Enumerator Perikanan
ksdae.menlhk.go.id
Balai Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR) menggelar pemaparan Program dan Pelatihan Enumerator Perikanan oleh mitra WCS-IP, Selasa (12/11/2019)

Kepulauan Selayar -- Balai Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR) menggelar pemaparan Program dan Pelatihan Enumerator Perikanan oleh mitra WCS-IP, Selasa (12/11/2019). Setelah mengambil data ekologi dan sosial ekonomi, WCS-IP akan kembali melakukan pendataan/monitoring perikanan di TN Taka Bonerate mulai November 2019. Pendataan akan dilakukan secara berkala.

Giat dibuka Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Usman yang dihadiri para kepala SPTN, koordinator fungsional dan Pokja Teknis TN Taka Bonerate serta tiga orang enumerator dari masyarakat lokal yang terpilih.

Baca Juga: DWP Kep. Selayar Gelar Seminar Lingkungan Sehat

Setelah pembukaan dilanjutkan pemaparan materi dari koordinator program perikanan WCS-IP, Siska Agustina. "Pendataan perikanan di kawasan TN Taka Bonerate merupakan salah satu upaya untuk mengumpulkan data dan informasi kondisi perikanan di TN Taka Bonerate," kata Siska.

Pendataan dilakukan di tiga desa yaitu Rajuni, Tarupa, dan Latondu. Setelah pengambilan data dan evaluasi, kegiatan akan dilakukan secara merata di semua desa di kawasan TN Taka Bonerate.

Pendataan dilakukan oleh enumerator lokal dari masyarakat Rajuni, Tarupa, dan Latondu. Selain untuk memberdayakan masyarakat setempat, mereka juga paham akan kondisi masyarakat dan pulau tempat tinggalnya. Mereka akan didampingi oleh enumerator dari Balai TN Taka Bonerate dan mitra WCS-IP.

Baca Juga: Bina Cinta Alam TNTBR Berlangsung Meriah

Pelatihan enumerator perlu dilakukan dalam upaya pemahaman terhadap teknis pengumpulan dan pengunggahan data agar sistem pemantauan pendaratan yang dilakukan sesuai dengan SOP.

Metode pendataan berbasiskan fish landing (pendaratan ikan), dengan target ikan karang dan ikan demersal (ikan dasar laut) ekonomis penting. Data hasil akan ditampilkan secara realtime, pengumpulan dan penyimpanan data dilakukan dalam sistem database dan dikumpulkan kemudian diinput ke Excel dan selanjutnya diunggah ke server tersebut.

Baca Juga: TNTBR Gelar Pelatihan Survey Sosial Ekonomi

Hasil kajian dari informasi yang telah dikumpulkan, selanjutnya bisa dijadikan dasar untuk membuat kebijakan/strategi ditingkat pemerintah, khususnya Balai TN Taka Bonerate ataupun pihak yang terkait. 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR