Selasa, 10 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

BKSDA Sumbar Adakan Pelatihan Penggunaan Sumpit

Kamis, 31 Oktober 2019

Untuk meningkatkan kapasitas personil dalam penanganan konflik antara manusia dan satwa liar

BKSDA Sumbar Adakan Pelatihan Penggunaan Sumpit
ksdae.menlhk.go.id
Pelatihan Penggunaan Sumpit Dalam Rangka Immobilisasi Satwa Liar

Padang -- Untuk meningkatkan kapasitas personil dalam penanganan konflik antara manusia dan satwa liar, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat menyelenggarakan Pelatihan Penggunaan Sumpit Dalam Rangka Immobilisasi Satwa Liar.
 
Pelatihan yang diikuti oleh personil yang terdiri dari petugas resor, staf penanganan konflik satwa dan bakti rimbawan dengan jumlah peserta 30 (tiga puluh) orang. Pelatihan berlangsung selama sehari dengan materi pembuatan alat sumpit sederhana, penggunaan sumpit dan penanganan satwa dengan sumpit. 

Baca Juga: KLHK Telah Susun RAD Selamatkan Badak Sumatra

Dalam pelatihan tersebut, peserta dilatih membuat alat sumpit dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh mengingat keterbatasan ketersediaan alat/senjata bius yang ada di BKSDA Sumatera Barat. Selanjutnya peserta juga dilatih teknik penggunaan dan penanganan satwa dengan sumpit dengan menggunakan sarana latih berupa papan target. 

Dalam amanatnya, Kepala BKSDA Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Subbag Tata Usaha, Wawan Sukawan, S.Hut menyampaikan, pelatihan ini sangat penting diadakan dan dilaksanakan mengingat keterbatasan ketersediaan tenaga medis/paramedis. Selain itu juga diharapkan ketika terjadi konflik antara manusia dan satwa liar keterbatasan sarana alat untuk pembiusan dapat diatasi dengan cepat dan tepat.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR