Sabtu, 7 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

NTB Punya Gerakan Penanaman Sejuta Mangrove

Rabu, 30 Oktober 2019

Diinisiasi pemuda dan pelajar

NTB Punya Gerakan Penanaman Sejuta Mangrove
ksdae.menlhk.go.id
Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menanam mangrove

Lombok Barat -- "We Save Creative NTB" dan Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Islam (Ikapmi) Dompu memulai Gerakan Penanaman Satu Juta Mangrove Untuk NTB di Desa Cendi Menik, Sekotong Lombok Barat, Minggu (27/10/2019).

Kegiatan dihadiri Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd didampingi Asisten I, Asisten III dan Kepala Dinas LHK NTB, Wakil Bupati Lombok Barat, Kepala Desa Bagek Kembar, BPSPL Wilker NTB, Kepala Balai KSDA NTB beserta KSBTU dan staf, SMK Kehutanan Qomarul Huda, Para Anggota dari We Save Creative NTB, Ikapmi Dompu, Kelompok Pengelola Wisata Mangrove (Pokmaslawisma) Bagek Kembar beserta Masyarakat.

Baca Juga: BKSDA NTB Sampaikan Bantuan ke Dua Desa Penyangga

Dalam pembukaan, Wakil Gubernur NTB menyampaikan apresiasi untuk para pemuda yang peduli terhadap lingkungan. "Tidak perlu acara yang mewah dan megah. Ini acaranya sederhana tetapi esensinya luar biasa. Inilah anak-anak muda yang memiliki ide-ide luar biasa, dan semangat luar biasa. Jika penyalurannya benar, pemerintah akan memfasilitasi semangat mereka untuk melakukan yang terbaik untuk bangsa," katanya.

Ia menambahkan pentingnya mensejahterakan masyarakat dengan melestarikan lingkungan. "Program-program untuk mensejahterakan masyarakat harus disambung dengan melestarikan lingkungan, tidak boleh berhenti harus menjadi satu kesatuan," katanya.

Baca Juga: BKSDA NTB Peringati World Clean-up Day 2019

Sebagai UPT Kementerian LHK, Wakil Gubernur NTB juga menyampaikan apresiasi kepada Kepala BKSDA NTB. "Terima Kasih Kepada Pak Ari, Kepala Balai KSDA NTB atas dukungannya dalam gerakan penanaman mangrove."

Selepas Pembukaan, Wakil Gubernur NTB bersama pejabat yang mendampingi dipersilahkan untuk melakukan penanaman mangrove pertama sebagai inisiasi Gerakan "Penanaman Satu Juta Mangrove Untuk NTB" telah dimulai.

Baca Juga: Pemkab Sumbawa Barat Peduli Kawasan Konservasi

Sebagai informasi, Desa Cendi Manik merupakan desa di wilayah Sekotong Lombok Barat yang masuk kedalam Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Mangrove melalui SK. Bupati Lombok Barat Nomor 637/10/DLH/2018. Pegiat Wisata Edukasi Mangrove ini dikelola oleh Kelompok Pengelola Wisata Mangrove (POKMASLAWISMA) Bagek Kembar. 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR