Senin, 9 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

Warga Diajak Belajar Budidaya Lebah Madu Kelulut

Selasa, 29 Oktober 2019

Widya Karya TN Tesso Nilo

Warga Diajak Belajar Budidaya Lebah Madu Kelulut
ksdae.menlhk.go.id
Widya Karya TN Tesso Nilo

Baserah -- Untuk menumbuhkembangkan potensi budi daya madu kelulut di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo, SPTN Wilayah II Baserah melaksanakan kegiatan widya karya dengan  memboyong 25 anggota kelompok masyarakat ke penangkaran lebah madu kelulut di Kampung Lalang, Kecamatan Sungai Apit, Siak.

Kampung Lalang dipilih menjadi destinasi pilihan widya karya karena telah terkenal dengan madu kelulutnya. Di Kampung Lalang, madu kelulut telah berhasil meningkatan perekonomian desa cukup tinggi. Rombongan SPTN Wilayah II Baserah yang dipimpin Kepala SPTN, Ibram Eddy Candra, S.Hut, M.Sc. membawa kelompok masyarakat binaan dari Desa Gunung Melintang dan Rambahan.

Baca Juga: TN Tesso Nilo Beri Bantuan KTH Binaan

Berdasarkan keterangan Kepala SPTN II Baserah, masyarakat yang mengikuti kegiatan widya karya sudah diberi keterampilan dasar untuk beternak madu kelulut, di antaranya diberikan pelatihan oleh Balai TN Tesso Nilo serta bantuan peralatan budidaya. Selain itu masyarakat juga telah menjalankan budidaya kelulut sendiri. Namun perlu untuk belajar lebih mendalam secara langsung pada pelaku budidaya lebah madu kelulut yang telah berhasil, agar dapat sukses sebagai petani madu kelulut di desa penyangga.

Menurut Kepala Balai TN Tesso Nilo, Ir. Halasan Tulus, kegiatan widya karya sangat perlu dilaksanakan untuk menambah ilmu pengetahuan kelompok masyarakat dalam menjalankan program kelompok itu sendiri. “widya karya kali ini dilaksanakan oleh TN Tesso Nilo kepada kelompok masyarakat binaan untuk membuka wawasan masyarakat menjalankan budidaya madu kelulut lebih baik lagi. Dengan bertambahnya wawasan tersebut Balai TN Tesso Nilo berharap perekonomian masyarakat  desa sekitar kawasan dapat meningkat,” katanya.
 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR