Senin, 9 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

TN Gunung Leuser Lepasliarkan Trenggiling

Selasa, 22 Oktober 2019

Temuan Warga Bohorok

TN Gunung Leuser Lepasliarkan Trenggiling
ksdae.menlhk.go.id
Petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser Wilayah V Bohorok melepasliarkan satu individu trenggiling di Resor Bukit Lawang, Senin (21/10/2019)

Bohorok -- Petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser Wilayah V Bohorok melepasliarkan satu individu trenggiling di Resor Bukit Lawang, Senin (21/10/2019). Satwa bersisik ini ditemukan warga Desa Timbang Lawan Kecamatan Bohorok. Warga mengaku memergoki satwa yang bernama ilmiah Manis javanica ini saat sedang berjaga di persawahan. 

Mengetahui satwa tersebut dilindungi undang-undang, warga menyerahkan kepada petugas TN Gunung Leuser pada Sabtu (19/10/2019). Setelah diperiksa volunteer setempat, trenggiling dinyatakan dalam keadaan baik serta layak untuk dilepasliarkan.

Baca Juga: Puluhan Tukik Dilepas ke Lautan Lepas

“Ada tren menarik dari proses ini. Kami melihat peningkatan kesadaran masyarakat untuk menyerahkan satwa liar kepada kami,” ujar Kepala Seksi Pengelolaan TN wilayah V Bohorok, Palber Turnip. 

“Ya, mungkin ada korelasi dengan trust yang terbangun di masyarakat setiap release satwa liar ke habitatnya,” tambahnya.

Trenggiling berdasarkan IUCN berstatus kritis. Satwa pemakan semut yang betuk tubuhnya memanjang ini terancam keberadaannya akibat habitatnya terganggu serta menjadi objek perdagangan satwa liar.
 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR