Selasa, 10 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

Mahasiswa Serahkan Elang Ular Bido

Senin, 21 Oktober 2019

Kepada petugas BKSDA Yogyakarta

Mahasiswa Serahkan Elang Ular Bido
ksdae.menlhk.go.id
Mahasiswa Sanata Dharma yang tergabung dalam kelompok Relawan Grigak, Girikarto, Panggang, Gunungkidul menyerahkan elang ular bido (Spilornis cheela) kepada petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, 14 Oktober 2019 lalu

Yogyakarta -- Mahasiswa Sanata Dharma yang tergabung dalam kelompok Relawan Grigak, Girikarto, Panggang, Gunungkidul menyerahkan elang ular bido (Spilornis cheela) kepada petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, 14 Oktober 2019 lalu.

Elang tersebut ditemukan Relawan Grigak saat sedang melaksanakan pembersihan lahan untuk pembuatan prasasti wisata Religi Katolik. Burung ditemukan di kolam ikan warga dalam kondisi lemas dan tidak bisa terbang pada Sabtu (12/10/19).

Baca Juga: BKSDA Yogyakarta Terima Penyerahan Kucing Hutan

Sebagai pertolongan pertama, elang dirawat kelompok Grigak di Pusat Studi Lingkungan Sanata Dharma. Selanjutnya dengan didampingi Rian yang merupakan salah satu penangkar burung dari Andhini Rejeki, para mahasiswa Sanata Dharma menyerahkan elang ular bido yang masih dalam kondisi lemas kepada petugas Balai KSDA Yogyakarta, Tri Hardono.

Kepala BKSDA Yogyakarta, M. Wahyudi segera memerintahkan stafnya untuk menindaklanjuti penyerahan satwa tersebut dan segera melakukan tindakan lebih lanjut. “Elang ini merupakan salah satu jenis satwa yang digunakan sebagai indikator kualitas lingkungan. Posisinya sebagai top predator mampu mengendalikan populasi mangsanya. Rekan-rekan saya minta segera melakukan tindakan perawatan terhadap elang yang ditemukan oleh adik-adik mahasiswa Sanata Dharma ini. Stasiun Flora Fauna Bunder menjadi tempat yang tepat untuk pemulihan kondisi elang ini,” jelas Wahyudi.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR