Senin, 9 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

BKSDA Yogyakarta Respon Keresahan Masyarakat

Senin, 21 Oktober 2019

Ada warga pelihara ular phyton

BKSDA Yogyakarta  Respon Keresahan Masyarakat
ksdae.menlhk.go.id
Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta berhasil menenangkan masyarakat Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul yang resah karena adanya salah satu dari mereka yang memelihara ular jenis Sanca Kembang (Phyton Reticulatus)

Yogyakarta -- Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta berhasil menenangkan masyarakat Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul yang resah karena adanya salah satu dari mereka yang memelihara ular jenis Sanca Kembang (Phyton Reticulatus). 

Warga sekitar yang merasa terganggu dengan keberadaan ular tersebut, segera menghubung petugas Balai KSDA Yogyakarta dan menginformasikan mengenai kepemilikan ular tersebut. Laporan masyarakat segera ditindaklanjuti oleh personil Balai KSDA Yogyakarta yang terdiri atas Bagian Perlindungan, Kepala Unit SKW II dan Dokter hewan yang segera melakukan cek lokasi pada hari Jumat (11/10/19).

Baca Juga: Mahasiswa Serahkan Elang Ular Bido

Dari hasil identifikasi diperoleh keterangan satwa yang dimaksudkan adalah jenis Ular Sanca Kembang dengan panjang 3,75 m. Jenis ular tersebut belum dilindungi undang-undang. Meskipun demikian, ular yang diketahui ditangkap di sekitar pemukiman penduduk sekitar 1 bulan yang lalu telah menimbulkan keresahan masyarakat sekitar. 

Setelah dilakukan pendekatan kepada masyarakat yang memeliharanya, satwa tersebut akhirnya diserahkan kepada petugas Balai KSDA Yogyakarta yang selanjutnya dievakuasi ke Stasiun Flora Fauna Bunder untuk dilepasliarkan ke alam. 

Baca Juga: BKSDA Yogyakarta Terima Penyerahan Kucing Hutan

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi mengapresiasi kinerja jajarannya. “Respon yang diberikan petugas Balai KSDA Yogyakarta menunjukkan kepedulian petugas terhadap masyarakat. Petugas mampu menerjemahkan instruksi pimpinan dengan baik. 

Dengan melakukan tindakan evakuasi satwa ke SFF Bunder dan melepasliarkannya di alam, teman-teman personil BKSDA Yogyakarta telah melakukan dua tindakan sekaligus. Yang pertama mereka berhasil menenangkan masyarakat yang resah dan disisi lainnya mereka berhasil menyelamatkan satwa dan mengembalikannya ke alam. Ke depan semoga kinerja personil Balai KSDA Yogyakarta ini dapat berjalan dengan lebih baik lagi," ujar Wahyudi.
 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR