Sabtu, 7 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

BKSDA Kalsel Gelar Penguatan Mitra Konservasi

Sabtu, 19 Oktober 2019

Di Wilayah Kerja SKW I Pelaihari

BKSDA Kalsel Gelar Penguatan Mitra Konservasi
ksdae.menlhk.go.id
Kegiatan Penguatan Kapasitas Kelembagaan Kelompok Mitra Konservasi di Wilayah Kerja SKW I Pelaihari dilaksanakan di Hotel Tuntung Pandang Pelaihari

Pelaihari -- Kegiatan Penguatan Kapasitas Kelembagaan Kelompok Mitra Konservasi di Wilayah Kerja SKW I Pelaihari dilaksanakan di Hotel Tuntung Pandang Pelaihari. Kelompok yang hadir dalam kegiatan tersebut terdiri dari kelompok Tani Hutan Pantai Baru Desa Sabuhur, Peladang Batakan Lestari Desa Batakan, dan Kelompok Jasa Usaha Wisata Maju Bersama Desa Batakan. 

Materi penguatan kapasitas kelembagaan disampaikan langsung Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc yang didampingi oleh Kepala SKW 1 Mirta Sari, S.Hut., M.P.  sebagai moderator pada kegiatan tersebut. Peserta kegiatan dihadiri lebih dari 20 orang yang terdiri dari aparat Kecamatan Panyipatan, aparat Kecamatan Jorong, aparat Desa Sabuhur, aparat Desa Batakan dan perwakilan para kelompok Mitra Konservasi di wilayah kerja SKW 1.

Baca Juga: BKSDA Kalsel Beri Bantuan Pemberdayaan Masyarakat

Setelah pemaparan yang disampaikan narasumber, para peserta diajak berdiskusi interaktif terkait kendala yang dihadapi oleh masyarakat mitra konservasi dalam memenuhi kebutuhan kelompok dalam pengembangan TWA Pelaihari dan SM Pelaihari yang berbasis masyarakat. Nurdin dari Desa Sebuhur menyampaikan potensi wisata yang bisa dikembangkan kedepannya. Madi dari Desa Batakan menyampaikan harapan agar Pantai Batakan bisa dipercepat pengembangannya.

Lebih lanjut disampaikan, dalam kegiatan kemitraan konservasi, pihak BKSDA Kalimantan Selatan siap membantu masyarakat dalam pemberdayaan dan peningkatan kapasitas kelembagaannya. Hak dan kewajiban para pihak penting disepakati untuk keberlanjutan sebuah organisasi. Pada bagian penutup Kepala Balai KSDA Kalsel meminta pengurus kemitraan konservasi untuk menyusun rencana kegiatan bersama anggotanya sesuai potensi alam dan SDM yang ada.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR