Sabtu, 7 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

TN Bunaken Pulihkan Ekosistem Terumbu Karang

Senin, 7 Oktober 2019

Dengan menggunakan Metode MARRS

TN Bunaken Pulihkan Ekosistem Terumbu Karang
ksdae.menlhk.go.id
Balai Taman Nasional Bunaken melakukan transplantasi karang sebagai upaya pemulihan ekosistem di Dermaga Alung Banua, Kelurahan Alung Banua, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Sabtu (5/10/2019)

Manado -- Balai Taman Nasional Bunaken melakukan transplantasi karang sebagai upaya pemulihan ekosistem di Dermaga Alung Banua, Kelurahan Alung Banua, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Sabtu (5/10/2019). TN Bunaken melakukannya dengan pendekatan Metode Mars Accelerated Coral Reef Restoration System (MARRS).

Metode ini mengembangkan struktur koral melalui rangka laba-laba yang digunakan untuk mencangkok terumbu karang yang dinilai mampu mengembalikan fungsi dan struktur terumbu karang, sekaligus menyediakan dasar untuk pemulihan habitat.

Baca Juga: Bunaken Pulihkan Ekosistem Terumbu Karang

Dalam kegiatan ini, TN Bunaken mengajak mitra seperti Pemerintah Kota Manado yang diwakili oleh Pemerintah Kecamatan Bunaken Kepulauan, dive center, masyarakat, bahkan anak-anak Sekolah Dasar di Alung Banua antusias mengikuti dan terlibat menanam karang.

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si dalam sambutannya menyampaikan komitmen dan mengajak para pihak untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan karang. "Kita sama-sama ketahui, karang tidak hanya menyajikan keindahan, tetapi juga sebagai habitat ikan berkembang dan memijah," katanya.

Baca Juga: TN Bunaken Ambil Langkah Terkait Kapal Kandas

Wali Kota Manado dalam sambutan yang disampaikan Camat Bunaken Kepulauan, Robert Dauhan menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini. "Potensi kekayaan alam ini tidak hanya dimiliki oleh Kota Manado atau Sulawesi Utara tetapi juga Indonesia, bahkan Dunia. Menjaga dan melestarikan ekosistem Taman Nasional Bunaken bukan hanya kewajiban tetapi menjadi kebutuhan kita semua, karena sejatinya kekayaan alam ini diciptakan untuk kemaslahatan kita semua dan generasi yang akan datang," bebernya.

Dikatakannya, kegiatan ini adalah wujud nyata kesadaran kita akan pentingnya menjaga ekosistem secara berkelanjutan, khususnya menjaga kelestarian Taman Nasional Bunaken, melalui pemulihan ekosistem terumbu karang, sebagai keseimbangan ekosistem laut.

Baca Juga: TN Bunaken Tingkatkan Kapasitas Selam Masyarakat

"Kiranya kegiatan ini menjadi stimulan untuk menumbuhkan kesadaran menjaga kelestarian Taman Nasional Bunaken sebagai aset bangsa dan bagian integral dari kehidupan kita," tutup Robert.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR