Senin, 9 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

KLHK Sosialisasikan Kemitraan Kehutanan di TNTBR

Jumat, 27 September 2019

Berprinsip saling menghargai, percaya dan menguntungkan

KLHK Sosialisasikan Kemitraan Kehutanan di TNTBR
ksdae.menlhk.go.id
Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan kegiatan Sosialisasi, Fasilitasi dan Sinkronisasi Kemitraan Kehutanan di Balai Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR), Rabu (25/9/2019)

Kepulauan Selayar -- Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan kegiatan Sosialisasi, Fasilitasi dan Sinkronisasi Kemitraan Kehutanan di Balai Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR), Rabu (25/9/2019).  Bertempat di ruang rapat Balai TNTBR, kegiatan dibuka Kepala Balai dan dihadiri para pejabat struktural, koordinator fungsional, koordinator pokja, pejabat fungsional serta perwakilan kelompok nelayan yang sudah bekerjasama kemitraan konservasi dengan Balai TNTBR.

"Di TN Taka Bonerate sudah 8 kelompok nelayan yang sudah melakukan PKS dengan kami dan beberapa hari lalu sudah dilaksanakan penandatanganan," kata Kepala Balai TNTBR, Faat Rudhianto.

Baca Juga: Mitra TNTBR Pantau Transplantasi Terumbu Karang

Prinsip kemitraan konservasi ini adalah saling menghargai, percaya dan menguntungkan. Dalam giat ini dibawakan materi oleh Kasubdit Penyiapan Kemitraan Konservasi, Joakim Sagala.  "Status PKS Kemitraan Konservasi Kehutanan ini akan ditingkatkan ke tingkat menteri, Dirjen PSKL KLHK dan Dirjen KSDAE sudah sepakat tentang hal ini," ucap Joakim.

Ada tiga ruang lingkup dalam Kemitraan Konservasi ini yaitu kemitraan dalam rangka pemberdayaan masyarakat, Kemitraan Konservasi dalam rangka Pemulihan Ekosistem dan Pembinaan, Pengendalian Monitoring dan evaluasi. Kemudian bentuk Kemitraan Konservasi dalam rangka pemberdayaan masyarakat setempat berupa pemberian akses serta kerjasama antara pemegang izin pada kawasan konservasi dengan masyarakat setempat.

Baca Juga: Pemulihan Ekosistem Terumbu Karang di Pulau Tinabo

Inti dari kemitraan ini adalah tercapainya kelestarian sumberdaya alam dan kesejahteraan masyarakat serta keikutsertaan masyarakat secara langsung dalam pengelolaan TN Taka Bonerate. Di akhir sosialiasi dibuka sesi tanya jawab dengan peserta sosialisasi.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR