Senin, 9 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

BBKSDA Jabar Terima Penyerahan Kukang Jawa

Jumat, 13 September 2019

Dari warga Subang

BBKSDA Jabar Terima Penyerahan Kukang Jawa
ksdae.menlhk.go.id
Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) Seksi Konservasi Wilayah IV Purwakarta, Bidang KSDA Wilayah II Soreang, Balai Besar KSDA Jawa Barat kembali menerima penyerahan seekor kukang jawa pada 11 September 2019

Subang - Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) Seksi Konservasi Wilayah IV Purwakarta, Bidang KSDA Wilayah II Soreang, Balai Besar KSDA Jawa Barat kembali menerima penyerahan seekor kukang jawa pada 11 September 2019.

Adalah Durotun Nasikhin, seorang warga Subang yang menyerahkan satwa dilindungi tersebut. Sebelumnya, ia menghubungi call center BBKSDA Jawa Barat untuk menyampaikan niatannya menyerahkan satwa bernama latin Nycticebus javanicus tersebut. Penyerahan satwa liar dilakukan di rumah kediaman Durotun di Subang. “Saya dapatkan satwa tersebut dari masyarakat yang menangkapnya di sebuah pohon mangga,” ujar Durotun.

Baca Juga: BBKSDA Jabar Terima Penyerahan Sejumlah Satwa Liar

Ia mengaku mengamankan satwa tersebut dari pihak yang tidak bertanggung jawab. “Kukang tersebut saya beri makan buah-buahan selama kurang lebih dua minggu berada di rumah saya,” katanya.

Saat ini, primata berjuluk Malu-Malu tersebut masih berada di kandang transit SKW IV Purwakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter hewan. Hasil pemeriksaan ini penting untuk menentukan layak tidaknya satwa tersebut dilepasliarkan ke habitat aslinya, walaupun secara kasat mata kukang tersebut tampak sehat, sifat liarnya masih muncul, dan gigi taringnya masih lengkap.

Baca Juga: Warga Serahkan 2 Ekor Kukang Jawa ke BBKSDA Jabar

Penyerahan satwa liar tersebut menunjukkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian satwa liar terus meningkat seiring dengan upaya sosialisasi dan penyuluhan  yang gencar dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL Balai Besar KSDA Jawa Barat.
 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR