Sabtu, 7 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

TNGGP Tumbuhkan Kesadaran Konservasi Sejak Dini

Kamis, 12 September 2019

Lewat kegiatan visit to school

TNGGP Tumbuhkan Kesadaran Konservasi Sejak Dini
ksdae.menlhk.go.id
Visit to school di SDN Pancawati 1 yang berada di wilayah kerja RPTN Cimande, Seksi Wilayah V Bodogol, Bidang PTN Wilayah III Bogor

Bogor -- Udara pagi itu, Selasa (10/9/2019), berhembus lembut. Kesejukan mengalir menghiasi cuaca yang cerah. Suasana yang membuat personil Seksi Wilayah V Bodogol yang dipimpin Kepala Seksi Amru Ikhwansyah, semakin bersemangat memacu kendaraan menuju SDN Pancawati 1 yang berada di wilayah kerja RPTN Cimande, Seksi Wilayah V Bodogol, Bidang PTN Wilayah III Bogor. 

Pagi itu, sebuah kegiatan bertajuk visit to school dilaksanakan oleh personil Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Tepat pukul 08.00 WIB, rombongan tiba di SDN Pancawati 1. Mereka disambut gembira dan antusias siswa-siswi yang akan mengikuti kegiatan. 

Baca Juga: Santri Tanam 1.000 Pohon di TNGGP

SDN Pancawati 1 merupakan salah satu binaan di wilayah Bidang PTN Wilayah III Bogor. Kegiatan visit to school merupakan salah satu upaya TNGGP menumbuhkan pemahaman terhadap upaya-upaya pelestarian keanekaragaman hayati dan ekosistem yang ditanamkan sejak dini. Dengan mengunjungi sekolah yang berada di sekitar kawasan, khususnya yang menjadi binaan diharapkan mampu menumbuhkan pemahaman dan menambah pengetahuan anak-anak akan keberadaan hutan dan arti pentingnya.

Kegiatan dibuka Kepala Seksi PTN Wilayah V, Amru Ikhwansyah mewakili Kepala Balai Besar TNGGP. Dalam sambutannya, Kepala Seksi PTN Wilayah V berharap, materi yang disampaikan dapat dipahami dan diterima siswa-siswi dan diusahakan agar sesuai dengan materi pembelajaran yang ada di sekolah.

Baca Juga: Kolaborasi Pengelolaan TNGGP Bersama Masyarakat

Materi yang disampaikan kepada 58 siswa-siswi SDN Pancawati 1 terdiri dari pengenalan taman nasional, hutan, dan penanganan sampah. Mentor yang terdiri dari petugas taman nasional menyampaikan materi yang dikemas sedemikian rupa agar mudah diterima dan dipahami anak seusia mereka. 

Selain menyampaikan materi dalam bentuk presentasi dan diskusi interaktif, mentor juga meyisipkan pemutaran film yang berkaitan dengan materi yang disampaikan agar anak-anak lebih mudah memahami dan tidak membosankan.

Baca Juga: KTH Tunas Harapan Akhirnya Panen Ikan Nila

Untuk mengukur sejauh mana pemahaman anak-anak terhadap materi yang disampaikan, diberikan pre test terlebih dahulu dan diakhir kegiatan dilakukan post test. Hal ini penting sebagai bahan evaluasi kedepannya bagi mentor agar bisa menjadi lebih baik dan lebih inovatif.

Untuk menghindari kejenuhan anak-anak selama kegiatan, mentor menyisipkan kegiatan ice breaking di sela-sela penyampaian materi. Hal ini penting untuk meningkatkan kembali kesegaran dan konsentrasi sehingga daya serap anak-anak kembali pulih.

Baca Juga: 300 Hektare Kawasan di TNGGP Kembali Hijau

Di akhir kegiatan visit to school mentor melakukan penilaian terhadap hasil pre test dan post test yang telah dilakukan dan dipilih tiga siswa dengan skor nilai tertinggi. Untuk menambah semangat dari anak-anak mentor juga memberikan quiz berhadiah dengan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan bantuan berupa tempat sampah dari pihak taman nasional kepada pihak sekolah.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR