Sabtu, 7 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

BKSDA Yogyakarta Evakuasi Monyet Ekor Panjang

Selasa, 10 September 2019

Hasil tangkapan warga Kalimanjung, Sleman

BKSDA Yogyakarta Evakuasi Monyet Ekor Panjang
ksdae.menlhk.go.id
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta mengevakuasi seekor monyet ekor panjang (Macaca fascicularis)  dari seorang warga Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Senin (9/9/2019)

Yogyakarta -- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta mengevakuasi seekor monyet ekor panjang (Macaca fascicularis)  dari seorang warga Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Senin (9/9/2019).

Berdasarkan laporan masyarakat Kalimanjung, seekor monyet ekor panjang masuk ke dalam rumahnya pada Sabtu (7/9/2019). Sebelumnya, monyet tersebut diduga hewan peliharaan warga lainnya. Namun, setelah beberapa hari ditangkap, tidak ada warga yang mengaku memelihara monyet tersebut. Karena itu diputuskan monyet tersebut diserahkan ke BKSDA Yogyakarta melalui petugas yang ada di Resort Sleman. “Warga khawatir apabila monyet ekor panjang ini lepas dan dapat mengganggu warga lainnya lagi. Sehingga diserahkan ke Resort Sleman,” kata Kepala Resot Sleman, Suharmanto.

Baca Juga: BKSDA Yogyakarta Atasi Gangguan Monyet di Banaran

Gangguan satwa jenis monyet ekor panjang beberapa kali terjadi di wilayah Sleman. Kepala BKSDA Yogyakarta, M. Wahyudi segera menugaskan jajarannya untuk melakukan penanganan. 

“Kawan-kawan dari tim Quick Response  BKSDA Yogyakarta saya minta cepat bertindak. Yang pertama, satwa monyet ekor panjang yang diserahkan masyarakat tersebut dapat segera dievakuasi ke Stasiun Flora Fauna Bunder untuk penanganan selanjutnya. Yang kedua, meningkatkan komunikasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengingat sudah terjadi beberapa kali monyet ekor panjang masuk ke pemukiman warga. Apakah monyet ini peliharaan seseorang, ataukah karena permasalahan tidak tersedianya pakan di alam, coba dicermati lagi,” ujarnya.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR