• Jumat, 9 Desember 2022

ITB dan PT Bukit Asam Jalin Kerja Sama Pengembangan Teknologi Pemanfaatan Batu Bara Ramah Lingkungan

- Minggu, 13 November 2022 | 18:17 WIB
Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D., mewakili Rektor ITB dan Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Arsal Ismail menandatangani nota kesepahaman  kerja sama di  Hotel Intercontinental Bandung, Jumat, 11 November 2022 (itb.ac.id)
Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D., mewakili Rektor ITB dan Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Arsal Ismail menandatangani nota kesepahaman kerja sama di Hotel Intercontinental Bandung, Jumat, 11 November 2022 (itb.ac.id)

KABAR ALAM - Institut Teknologi Bandung (ITB) menandatangani nota kesepahaman dengan PT Bukit Asam Tbk tentang kerja sama riset dan pengembangan dalam rangka pengkajian dan penerapan teknologi di bidang energi dan industri di Hotel Intercontinental Bandung, Jumat, 11 November 2022.

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D., mewakili Rektor ITB dan Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Arsal Ismail.

Selain dengan ITB, PT Bukit Asam juga menjalin nota kesepahaman dengan Universitas Padjajaran (Unpad). Kerja sama dengan Unpad dilakukan untuk melengkapi riset-riset di bidang humaniora.

Baca Juga: Catat, KLHK Dukung Gerakan Antikorupsi!

Direktur Utama PT Bukit Asam, Arsal Ismail mengatakan, PT Bukit Asam bukan hanya sekadar perusahaan tambang, tetapi berperan dalam meningkatkan peradaban, kesejahteraan, dan masa depan yang lebih baik.

"Kerja sama ini in-line dengan value yang ada di PT BA (Bukit Asam). Apalagi kami saat ini sedang melakukan transformasi penguatan di sektor hilirisasi batu bara," ujarnya seperti dikutip KABARALAM.com dari laman resmi ITB, Minggu, 13 November 2022.

Ia mengatakan, pada 2060 telah ditetapkan target mencapai target net zero emission. Untuk itu perlu dilakukan riset pemanfaatan batu bara agar bisa lebih optimal, baik dari sisi komersial maupun pencapaian net zero emission.

Baca Juga: Polisi Temukan Satu Drum Propilen Glikol di Kebun Pisang, Ayo Punya Siapa?

Melalui penandatanganan MoU ini, ia optimistis akan memberi perspektif baru, baik dari sisi riset maupun pengembangan utilisasi batu bara sehingga diharapkan lebih bernilai tambah.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rektor UGM Dukung Program KKN Pengelolaan Sampah

Selasa, 11 Oktober 2022 | 20:17 WIB

Didukung IA ITB, Apa Itu PLN Elevation Watts Up!?

Rabu, 5 Oktober 2022 | 09:14 WIB
X