• Jumat, 30 September 2022

Sudah Dibuktikan Nabi Nuh, Teknologi Struktur Terapung Solusi Masalah Lingkungan dan Kebutuhan Energi

- Selasa, 20 September 2022 | 15:58 WIB
 Dosen Peneliti, Pusat Penelitian Energi Baru Terbarukan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), Farid Putra Bakti, Ph.D. meyakini teknologi struktur terapung sebagai solusi persoalan lingkungan dan kebutuhan energi di Indonesia (itb.ac.id)
Dosen Peneliti, Pusat Penelitian Energi Baru Terbarukan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), Farid Putra Bakti, Ph.D. meyakini teknologi struktur terapung sebagai solusi persoalan lingkungan dan kebutuhan energi di Indonesia (itb.ac.id)

KABAR ALAM - Dosen Peneliti, Pusat Penelitian Energi Baru Terbarukan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), Farid Putra Bakti, Ph.D. meyakini teknologi struktur terapung sebagai solusi persoalan lingkungan dan kebutuhan energi di Indonesia.

Keyakinan soal teknologi struktur terapung itu disampaikan Farid Putra Bakti pada “Workshop Series LPPM ITB Volume 9 Tahun 2022”, bertema “Floating Structures, Pushing the Frontier of Energy Utilization, Habitable Space, and Mobility,” pada Rabu, 14 September 2022.

Menurut Farid Putra Bakti, sebagai negara maritim, Indonesia punya banyak keuntungan sumber daya alam. Namun, di sisi lain, keadaan Indonesia sebagai negara maritim juga menimbulkan berbagai risiko bencana alam, dari mulai banjir hingga tsunami. Hal ini, katanya, bisa diminimalisasi dengan teknologi struktur terapung.

Baca Juga: Agar Teridentifikasi Secara Dini, Kenali Tanda-tanda Kucing Akan Mati, Apa Saja Sih?

Keyakinan Farid juga tidak terlepas dari sejarah penyelamatan umat manusia di zaman Nabi Nuh. “Kehadiran struktur terapung telah menjadi penyelamat untuk umat manusia sejak dahulu kala," katanya seperti dikutip KABARALAM.com dari laporan laman resmi ITB berjudul Teknologi Struktur Terapung, Solusi Persoalan Lingkungan dan Kebutuhan Energi di Indonesia.

"Sebagai contoh, kisah bahtera Nabi Nuh yang berhasil menjadi media penyelamat umat manusia dan berbagai makhluk hidup lain merupakan bentuk nyata dari peran struktur terapung pada zaman dahulu kala,” jelas Farid.

Seiring perkembangan zaman, kini persoalan yang kerap dijumpai di kehidupan sehari-hari adalah mulai naiknya muka air laut, kebutuhan energi bersih dan berkelanjutan, kebutuhan lahan hunian dan pangan, hingga mobilisasi barang dan manusia.

Baca Juga: Suara Petasan Usir Orangutan dari Kebun Warga Desa Mardame

“Berbagai permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemanfaatan struktur terapung,” tegas Farid dalam paparannya.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Sumber: itb.ac.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Smart Farming Berikan Solusi yang Dibutuhkan Petani

Minggu, 28 Agustus 2022 | 11:59 WIB

Pemanfaatan Lignin untuk Bioproduk Sangat Menjanjikan

Jumat, 26 Agustus 2022 | 13:06 WIB

Menanam Kayu Putih Unggul, Petani Papua Sejahtera

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:30 WIB
X