• Jumat, 30 September 2022

PKR Biomassa dan Biorefineri Unpad Mencari Solusi Tantangan di Bidang Pangan dan Energi

- Selasa, 20 September 2022 | 09:18 WIB
PKR Biomassa dan Biorefineri Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar Seminar Kolaborasi seri ke-5 pada Rabu, 14 September 2022 lalu (unpad.ac.id)
PKR Biomassa dan Biorefineri Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar Seminar Kolaborasi seri ke-5 pada Rabu, 14 September 2022 lalu (unpad.ac.id)

KABAR ALAM - Untuk menemukan solusi untuk berbagai tantangan di bidang pangan dan energi, Pusat Kolaborasi Riset (PKR) Biomassa dan Biorefineri Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar Seminar Kolaborasi seri ke-5 pada Rabu, 14 September 2022 lalu.

Seminar juga digelar dalam rangkaian Dies Natalis ke-17 Fakultas Teknologi Industri Pertanian dan Lustrum XIII Unpad. Tema yang diangkat adalah “Bangkit Lebih Kuat dengan Kolaborasi Mewujudkan Kemandirian Pangan dan Energi”.

Dalam siaran pers yang dikutip KABARALAM.com dari laman resmi Unpad, Selasa, 20 Septemnber 2022, Dekan FTIP Unpad Dr. Sarifah Nurjanah, M.Sc.App., mengatakan, tantangan di bidang pangan yang muncul meliputi perubahan selera makan, pola konsumsi pangan yang menunjang kesehatan, hingga munculnya inovasi produk pangan baru selama pandemi.

Baca Juga: Bank Dunia Apresiasi Pemkot Yogyakarta dalam Penataan Kawasan Kumuh Bantaran Sungai Gajah Wong

“Sedangkan di bidang energi kita ditantang untuk memilih bahan baku yang tepat, khususnya biomassa ini dinilai sangat tepat karena tidak bersinggungan dengan bahan baku pangan dan tantangan lainnya adalah kajian mengenai teknologi ramah lingkungan dan tepat guna untuk produksi energi terbarukan,” ucapnya.

Narasumber dari FTIP Unpad, Dr. Herlina Marta (FTIP) membahas pati termodifikasi hidrotermal dan aplikasinya pada bidang pangan.

Menurutnya, pati termodifikasi di Indonesia saat ini masih harus impor dengan harga yang cukup fantastis. Padahal, Indonesia memiliki sumber pati yang sangat melimpah.

Baca Juga: Setelah Bus Listrik, Pemkot Semarang Siap Anggarkan Tiga Mobil Listrik pada 2023

“Sumber pati di Indonesia ini sangat melimpah, beberapa di antaranya dapat dihasilkan dari sukun, hanjeli, dan singkong sebagai potensi lokal kita dengan proses yang efisien,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Smart Farming Berikan Solusi yang Dibutuhkan Petani

Minggu, 28 Agustus 2022 | 11:59 WIB

Pemanfaatan Lignin untuk Bioproduk Sangat Menjanjikan

Jumat, 26 Agustus 2022 | 13:06 WIB

Menanam Kayu Putih Unggul, Petani Papua Sejahtera

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:30 WIB
X