Senin, 27 Januari 2020
News & Nature
Inovasi

Gakkum Sulawesi Tingkatkan Kapasitas ASN

Kamis, 5 Desember 2019

Melalui Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Smartphone

Gakkum Sulawesi Tingkatkan Kapasitas ASN
istimewa
Lokus GIS merupakan aplikasi mobile platform yang dapat digunakan untuk menentukan koordinat survey yang kemudian digunakan untuk pengumpulan data primer di lapangan oleh enumerator dengan menggunakan perangkat handphone

Makassar -- Lokus GIS merupakan aplikasi mobile platform yang dapat digunakan untuk menentukan koordinat survey yang kemudian digunakan untuk pengumpulan data primer di lapangan oleh enumerator dengan menggunakan perangkat handphone. 

Lokus GIS juga merupakan perangkat lunak yang memungkinkan Polhut, PPNS serta PPLH Balai Gakkum Sulawesi untuk membuat, mengedit, dan menyebarkan koordinat melalui aplikasi mobile.

Geographic Information System disingkat GIS adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database.

Galih sebagai polisi hutan Balai Gakkum Sulawesi melihat bahwa telah terjadi pergeseran dalam bagaimana memanfaatkan teknologi dalam pengamanan dan penegakan hukum. Dia mengatakan idenya ini pada kegiatan pengembangan kapasitas SDM Balai Gakkum sekaligus memberikan paparan yang diikuti dengan praktik langsung di lapangan tembak SPN Batua Polda SulSel. Kamis 5 November 2019.

Selain itu, pada kegiatan tersebut Galih kembali mengulas bahwa ASN Balai Gakkum harus lebih adaptif terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi.

Selanjutnya, Galih menguraikan pemanfaatan Lokus GIS berbasis Smartphone berupa kemudahan dalam mengelola data spasial sehingga dapat mengurangi jumlah waktu yang diperlukan

"Lokus GIS berbasis smartphone ini mempermudah PPNS, PPLH, SPORC maupun Polhut menentukan titik koordinat lokasi dan ini langsung bisa diolah menjadi data," kata Galih dihadapan peserta.

Suatu metode pengumpulan data survey primer yang lebih efisien dan efektif. Pengenalan aplikasi Lokus GIS merupakan terobosan baru bagi ASN Jaman Now, dan memang era Revolusi Industri 4.0 mau tidak mau, suka tidak suka, teknologi berperan penting membawa perubahan yang lebih kekinian. Demikian pesan Kepala Balai Gakkum Sulawesi, pada acara pelatihan menembak polisi kehutanan dan pembinaan Aparatur Sipil Negara Lingkup Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi yang didampingi Kepala Seksi Wilayah 1 Makassar, Muhammad Amin, S.H., M.H



BAGIKAN

BERI KOMENTAR