Senin, 18 November 2019
News & Nature
Konservasi

TNTN Nilai Efektivitas Pengelolaan Kawasan

Sabtu, 9 November 2019

Dengan metode METT

TNTN Nilai Efektivitas Pengelolaan Kawasan
ksdae.menlhk.go.id
Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) melaksanakan kegiatan self assesment penilaian efektifitas pengelolaan kawasan dengan metode Management Effectiveness Tracking Tool (METT), 6 November 2019

Pangkalan Kerinci -- Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) melaksanakan kegiatan self assesment penilaian efektifitas pengelolaan kawasan dengan metode Management Effectiveness Tracking Tool (METT), 6 November 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh urusan evaluasi dan laporan (Evlap) Balai TN Tesso Nilo. Kegiatan dipimpin langsung Kepala Balai TN Tesso Nilo, Ir. Halasan Tulus, dan diikuti Kasubbag TU, Kepala SPTN I dan II serta seluruh pegawai dan staf TN Tesso Nilo.

Baca Juga: Warga Diajak Belajar Budidaya Lebah Madu Kelulut

Tujuan kegiatan METT tahun 2019 tersebut adalah untuk melakukan pengkajian tingkat effektivitas pengelolaan sesuai dengan visi, misi dan tujuan pengelolaan yang telah ditentukan sebelumnya oleh Balai TN Tesso Nilo.

Pertemuan dengan metode diskusi berjalan dengan baik. Peserta berdiskusi untuk memberikan nilai dari 30 pertanyaan yang terbagi lagi menjadi pertanyaan cabang. Pertanyaan berkisar pada informasi umum, ancaman, dan efektivitas pengelolaan. 

Baca Juga: TN Tesso Nilo Beri Bantuan KTH Binaan

Penilaian ini juga sangat bernilai karena dapat dimanfaatkan untuk melihat sejauh mana kelebihan dan kekurangan dalam proses pengelolaan kawasan dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana menindaklanjuti hal-hal yang teridentifikasi dalam penilaian tersebut. Dari kegiatan yang dilaksanakan diperoleh nilai 71, hal ini menunjukkanbahwa pengelolaan TN Tesso Nilo sudah cukup efektif.

“Self assesment METT yang kita lakukan berguna bagi kita sebagai pengelola kawasan khususnya untuk melihat kekuatan dan kelemahan kita dalam mengelola kawasan sehingga kita bisa merencanakan dan mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut. TN. Tesso Nilo berkomitment untuk mengelola kawasan secara efektif dan berinovasi sesuai dengan permasalahan yang ada di lapangan,” kata Halasan.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR