Jumat, 15 November 2019
News & Nature
Inovasi

KLHK Dukung Early Warning System Bencana

Senin, 4 November 2019

Sinergi peran di Riau

KLHK Dukung Early Warning System Bencana
p3kll
Sinergi Peran Laboratorium Dalam Mendukung Early Warning System Bencana Lingkungan kembali digelar di Pekanbaru, Riau, Jumat (1/11/2019)

Pekanbaru -- Sinergi Peran Laboratorium Dalam Mendukung Early Warning System Bencana Lingkungan kembali digelar di Pekanbaru, Riau, Jumat (1/11/2019). Acara serupa sebelumnya telah dilaksanakan di Serang, Balikpapan, Surabaya, dan Palembang. 

Acara koordinasi sinergi dibuka Gubernur Provinsi Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si. Acara dihadiri anggota Komisi 2 DPR RI, Ir. H. Arsyadjuliandi Rahman dan anggota Komisi 7, H. Abdul Wahid, S.Pd serta perwakilan DPRD, Bappeda dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan kabupaten/kota se-provinsi Riau.

Baca Juga: Edukasi Bahaya Merkuri dan Timbel untuk Milenial

“Alat mobil lingkungan sangat bermakna sehingga nanti bisa dengan cepat dapat mendeteksi terhadap pengaduan-pengaduan yang berkaitan dengan pencemaran, mudah-mudahan sangat membantu masyarakat dan pemerintah daerah Riau dalam rangka segera mensupport pengaduan-pengaduan masyarakat,” kata Syamsuar.

“Bagi kami tentunya sangat menyambut baik adanya kegiatan ini dan sekaligus juga bagaimana mengoperasionalkan alat ini nanti juga mungkin ada tenaga-tenaga yang sudah kami persiapkan, sehingga tentunya kita harapkan betul-betul bermanfaat untuk memberikan penjelasan yang sebenarnya kepada masyarakat,” kata Gubernur.

“Kami berharap agar program ini berjalan lancar dan menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas lingkungan hidup diprovinsi Riau sehingga membuat kehidupan masyarakat semakin baik dan sejahtera,” tambahnya.

Pada program ini, P3KLL, BLI-KLHK bergegas berkonsolidasi ke 5 daerah Provinsi yang menjadi Pilot Project diantaranya; Provinsi Banten, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Sumatera Selatan dan Riau.

Baca Juga: P3KLL Pantau Kualitas Air Sungai Batahan

Kegiatan Sinergitas dilaksanakan secara bertahap di bulan Oktober 2019, yang kemudian akan dilakukan Penyerahan Mobil Laboratorium untuk kelima daerah Provinsi tersebut yang akan direncanakan pada akhir tahun 2019.

Acara Sinergi ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen pemangku kepentingan laboratorium lingkungan di wilayah 5 propinsi, akan pentingnya labortorium didaerah, baik dari aspek regulasi maupun aspek kebijakan anggaran; Menyelaraskan pembagian urusan pemerintah pusat dan daerah dibidang lingkungan hidup, dalam memenuhi amanah RPJMN 2020-2024 sebagai kegiatan prioritas nasional; serta Memaduserasikan peran pemerintah, swasta dan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR