Selasa, 10 Desember 2019
News & Nature
Inovasi

P3KLL KLHK Kantongi Dua Sertifikat Laboratorium

Rabu, 24 April 2019

Dari Komite Akreditasi Nasional

P3KLL KLHK Kantongi Dua Sertifikat Laboratorium
ppid.menlhk.go.id
Direktur Akreditasi Laboratorium KAN, Fajarina menyerahkan sertifikat kepada Kepala P3KLL, Herman Hermawan dalam acara Customer Gathering P3KLL di Kantor P3KLL Serpong, Rabu (24/4/2019). 

Jakarta -- Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperoleh dua sertifikat akreditasi untuk laboratorium dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Keduanya adalah Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi. 

Sertifikat tersebut diserahkan Direktur Akreditasi Laboratorium KAN, Fajarina kepada Kepala P3KLL, Herman Hermawan dalam acara Customer Gathering P3KLL di Kantor P3KLL Serpong, Rabu (24/4/2019). 

Baca Juga: KLHK Hasilkan Penelitian & Pengembangan Integratif

Dengan diperoleh dua sertifikat ini dipastikan kompetensi laboratorium P3KLL baik peralatan, personil maupun kondisi akomodasi dan metode pengujiannya sudah terakreditasi dan lebih valid. Untuk sertifikat akreditasi laboratorium pengujian, P3KLL telah menerima sertifikat akreditasi yang ke-5, dengan parameter terakreditasi 341. Sementara sertifikat akreditasi laboratorium kalibrasi merupakan sertifikat ke-2, dimana untuk pertama kali P3KLL telah mendapatkan pada tahun 2014.

Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, Silvana Ratina yang hadir mewakili Kepala BLI menyatakan peranan P3KLL sangat penting, karena merupakan laboratorium lingkungan rujukan nasional yang berperan dalam penanganan kasus pencemaran lingkungan hidup dan penegakan hukum, khususnya dalam penyediaan data valid dan terpercaya. 

“Kompetensi P3KLL dibuktikan dengan diakreditasinya Laboratorium Pengujian P3KLL oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sesuai ISO/IEC 17025 sejak tahun 2002 hingga saat ini dan Laboratorium Kalibrasi sejak tahun 2015 hingga saat ini,” ucap Silvana.

Sebagai Laboratorium Lingkungan Rujukan Nasional, KAN sangat mengapresiasi keberadaan laboratorium-laboratorium milik P3KLL yang sudah terakreditasi dan dapat memberikan hasil pengujian yang valid. “Dengan terakreditasinya Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi P3KLL, diharapkan sistem manajemen yang diterapkan di laboratorium itu selalu konsisten sesuai dengan ISO 17025 sehingga hasil pengujiannya lebih valid,” kata Fajarina.

Baca Juga: Bangun Sinergi untuk Produk Litbang Unggulan

P3KLL yang sudah berdiri sejak 1993, memiliki 7 laboratorium terakreditasi, yaitu: Laboratorium Kalibrasi; Laboratorium Air dan Limbah Cair; Laboratorium Udara; Laboratorium Tanah dan Limbah Padat; Laboratorium Kebisingan dan Getaran; Laboratorium Toksikologi; dan Laboratorium Biologi. Pelayanan jasa P3KLL meliputi jasa pengambilan contoh uji, pengujian contoh uji udara, air dan limbah cair, tanah dan limbah padat, toksisitas, mikrobiologi, kebisingan dan getaran dan kalibrasi serta bimbingan teknis dilakukan melalui mekanisme PNBP sesuai dengan PP Nomor 44 tahun 2014.

Ditambahkan Herman, kedepan akan dilakukan revitalisasi P3KLL dan diarahkan menjadi Badan Layanan Umum, mengingat dana APBN makin kedepan tidak bisa menjadi andalan dalam menggerakkan roda organisasi dan memenuhi kebutuhan bahan kimia yang memadai. “Kita belajar dari labor daerah di Palembang dan Bandung yang sudah berorientasi pada entrepreneurship. Untuk berimprovisasi seperti itu, kita perlu keluar dari zona nyaman dan tidak terusik dengan kemapanan,” tutup Herman.

Acara Customer Gathering ini dihadiri sekitar 100 peserta dari Pejabat di Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pejabat Kementerian/Lembaga dan para mitra dan pelanggan laboratorium P3KLL.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR