Senin, 18 November 2019
News & Nature
Inovasi

Ini Jenis Serangga Hasil Penelitian di TNAL

Sabtu, 9 Februari 2019

Dilakukan tiga peneliti dari AS dan Australia

Ini Jenis Serangga Hasil Penelitian di TNAL
ksdae.menlhk.go.id
Presentasi hasil penelitian di TNAL

Sofifi -- Hampir satu minggu melakukan survei aneka jenis serangga di Resort Tayawi, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL), dua peneliti dari Amerika Serikat dan satu dari Australia mendapatkan beberapa jenis serangga. 

Dalam presentasinya di Kantor Balai TNAL, 1 Februari 2019 lalu, ketiga peneliti tersebut mengungkapkan adanya jenis lebah yang belum bisa teridentifikasi.  Mereka mengelompokkan jenis serangga berdasarkan keluarga, antara lain lebah, semut, kupu-kupu, belalang, dan lainnya. “Kami yakin masih terdapat banyak jenis serangga yang masih belum teridentifikasi,” kata Clay, seorang peneliti serangga.

Baca Juga: Lagi, Kelompok Binaan TNAL Belajar di Cengkeh Afo

Clay menyebutkan, kawasan TNAL yang berada dalam garis Wallacea merupakan tempat yang kaya akan keanekaragaman hayati dan sangat diminati peneliti di Eropa dan Australia.

Pemaparan tersebut dihadiri Kepala Balai beserta pejabat struktural dan pejabat fungsional. Peserta pemaparan sangat antusias, karena kegiatan penelitian jenis lebah dan serangga lainnya di dalam kawasan TNAL merupakan hal yang baru. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah kapan waktu yang tepat untuk melihat serangga dan mendapatkan foto yang bagus. 
Clay mengungkapkan, waktu yang baik untuk melihat serangga adalah pada waktu pagi dan sore. Jika ingin mendapatkan foto yang bagus dapat dilakukan pada waktu tersebut atau pada saat malam hari.

Setelah melakukan presentasi hasil, Clay yang merupakan seorang fotografer makro untuk serangga memberikan ulasan sedikit tentang fotografi serangga kepada peserta.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR