Jambore Pentahelix (Jampe) 2022: Wujud Peran Serta Masyarakat dan Komunitas Menjaga DAS Citarum

- Rabu, 7 Desember 2022 | 09:24 WIB
pelaksanaan Jambore Pentahelix (Jampe) Segmen Hulu oleh Satgas Citarum Harum, Selasa, 6 Desember 2022. (jabarprov.go.id)
pelaksanaan Jambore Pentahelix (Jampe) Segmen Hulu oleh Satgas Citarum Harum, Selasa, 6 Desember 2022. (jabarprov.go.id)

KABAR ALAM – Satuan Tugas Citarum Harum telah menuntaskan pelaksanaan Jambore Pentahelix (Jampe) 2022 di tiga segmen, mulai dari hilir, tengah, sampai hulu.

Jambore Pentahelix Segmen Hulu atau Jampe pamungkas dilaksanakan di Taman Icon Sektor 8, Kp. Daraulin, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Selasa 6 Desember 2022.

Staf Ahli Gubernur Jawa Barat, Siska Gerfianti yang mewakili Komandan Satgas Citarum atau Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam sambutannya mengharapkan Jampe menjadi ajang silaturahmi untuk bekerja sama melestarikan lingkungan terutama Citarum yang secara kasat mata juga telah terlihat perubahan-perubahan yang mencolok.

Perubahan tersebut antara lain saat ini jarang terlihat ada onggokan sampah di aliran Sungai Citarum, pembuangan limbah industri tanpa pengolahan terlebih dahulu.

Baca Juga: Menyehatkan dan Menyegarkan, Yuk Berendam di Pemandian Air Panas Sangkanhurip Kuningan!

"Juga telah dengan cepat dapat diketahui dari perubahan warna maupun bau sehingga dapat segera diatasi, serta telah terdapat beberapa pemanfaatan Sungai Citarum dilakukan oleh masyarakat," ucap Siska seperti dikutip dari laman jabarprov.go.id.

Menurut Siska, Jampe merupakan ajang semua stakeholder untuk berintrospeksi atas semua upaya dan konstribusi dalam melaksanakan Renaksi PPK DAS Citarum sesuai tugas fungsi dan kewenangan masing-masing secara terintegrasi.

"Pengelolaan DAS Citarum secara pentahelix ini telah menjadi model pengelolaan DAS di Indonesia dan perlu penguatan peran komunitas dalam kerangka community engagement berupa upaya perwujudan peran serta masyarakat dan komunitas untuk bersama-sama menjaga DAS Citarum di wilayah masing-masing," ucapnya.

Pada Jampe Segmen Hulu ini, ratusan warga sekitar DAS Citarum Sektor 8 dan juga murid SD di sekitar lokasi Jampe tampak antusias mendatangi kawasan acara, karena banyak atraksi yang bermanfaat bagi warga.

Halaman:

Editor: Yudi Noorahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X