STEAMtalks seri 1 Beyond Digital Infrastructure : Fibre Optic & Future Network

- Selasa, 6 Desember 2022 | 09:39 WIB
PT LAPI ITB dan PT Rekacipta Inovasi ITB yang merupakan perusahaan-perusahaan milik ITB kali ini berkolaborasi menghadirkan STEAMtalks seri #1  pada 6 Desember 2022 (Dok. RII ITB)
PT LAPI ITB dan PT Rekacipta Inovasi ITB yang merupakan perusahaan-perusahaan milik ITB kali ini berkolaborasi menghadirkan STEAMtalks seri #1 pada 6 Desember 2022 (Dok. RII ITB)

KABAR ALAM - PT LAPI ITB dan PT Rekacipta Inovasi ITB berkolaborasi menghadirkan webinar STEAMtalks seri #1 dengan tema Beyond Digital Infrastructure: Fibre Optic & Future Network 6 Desember 2022, secara daring via Zoom. 

Webinar ini untuk berbagi tren dan perkembangan terkini infrastruktur digital. Akan dibedah juga tren perangkat, baik perangkat lunak dan juga perangkat keras yang terkait dengan teknologinya.
 
Dukungan narasumber kali ini dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB dan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB untuk sharing mengenai Science Technology Engineering Art Management serta Math (STEAM) yang berkaitan dengan hal-hal sehari-hari yang dihadapi dunia usaha dan publik.

Baca Juga: Digelar Secara Hybrid, ITB Selenggarakan ICPERE 2022 dengan Topik Utama Energi Berkelanjutan

Saat ini berbagai teknologi dalam infrastruktur jaringan (Net Working) semakin berkembang. Akan tetapi Fiber Optik masih menjadi tulang punggung (Back Bone) dalam system komunikasi global. Dengan transfer secepat kecepatan cahaya masih menjadi solusi yang paling ampuh, paling efisien dan paling handal dibandingkan media komunikasi lainnya.

Baca Juga: ITB dan PT Bukit Asam Jalin Kerja Sama Pengembangan Teknologi Pemanfaatan Batu Bara Ramah Lingkungan

Sama halnya dengan Teknologi Komputer dan Internet yang didorong melebihi masanya, teknologi Fiber Optic juga semakin di dorong jauh melewati batas kemampuannya. Saat ini teknologi Fiber optic tidak hanya digunakan sebagai media untuk mentransfer data yang semakin hari semakin besar dan dituntut semakin cepat, akan tetapi teknologi fiber optic juga digunakan sebagai alat untuk predictive maintenance dan mitigasi bencana.

Bagaimana teknologi Fiber Optic dapat digunakan sebagai predictive maintenance dan mitigasi bencana? Untuk menjawab tantangan ini, PT LAPI ITB dan PT Rekacipta Inovasi ITB (Badan Usahamilik ITB yang menyediakan solusi berbasis sumber daya ITB) dengan dukungan narasumber dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB dan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB akan sharing mengenai Science Technology Engineering Art dan Management serta Math (STEAM).

Baca Juga: Ikatan Alumni ITB Jawa Barat Gelar Webinar Youth, Sport and Netizen, Awali Road to Rakernas IA ITB di Babel

STEAMtalks seri #1 ini akan membahas dan mengupas secara tuntas, bagaimana Internet berkembang ke level selanjutnya. Prof. Dr. Ir. Nana Rachmana Syambas, M.Eng, guru besar dari STEI-ITB, akan menjelaskan mengenai bagaimana IP-System berubah menjadi Named Data Network untuk menjawab semakin kompleks dan rumitnya jaringan internet di masa depan.

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X