Berkelanjutan, 'ITB Tanggap Bencana Cianjur' Kembali Berikan Bantuan

- Selasa, 6 Desember 2022 | 08:50 WIB
Penyerahan donasi kepada pengungsi di Kampung Kadudampit, Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku – Cianjur (Dok. SF ITB)
Penyerahan donasi kepada pengungsi di Kampung Kadudampit, Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku – Cianjur (Dok. SF ITB)

KABAR ALAM - Peduli dan merasa bagian dari masyarakat, Institut Teknologi Bandung (ITB), melalui Sekolah Farmasi ITB berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat  Institut Teknologi Bandung (LPPM - ITB) serta Ikatan Alumni Farmasi ITB (IA FA ITB) melakukan aksi tanggap bencana untuk membantu korban gempa bumi Cianjur.

Gempa bumi yang mengguncang  Kabupaten Cianjur berkekuatan 5,6 magnitudo dengan kedalaman hanya 10 km, pada 21 November 2022 yang lalu,  menyebabkan kerusakan yang cukup parah bagi penduduk di wilayah pusat gempa.

Sebagian wilayah terdampak bencana yang berada di pusat gempa, mengalami kerusakan cukup parah, sehingga mayoritas masyarakat di wilayah pusat gempa bumi tidak lagi mempunyai rumah sebagai tempat untuk berlindung.  

Baca Juga: Reuni 25 Tahun IA ITB Syner97 : Peduli Isu Lingkungan, Sumbang Motor Listrik untuk ITB

Dekan SF ITB mengawasi pengumpulan barang donasi bencana Cianjur (DOk. SF ITB)

Setidaknya 13 tim di ITB sudah terjun ke lokasi bencana, membantu dan memberikan apa yang dbutuhkan masyarakat. Tim tersebut membangun shelter atau tenda penampungan, tim penyediaan dan pengelolaan air bersih, tim pemasangan seismograf untuk pemantauan aktivitas gempa, tim insinerator, tim pengelolaan sampah dan limbah, tim layanan kesehatan hingga tim yang bertugas melakukan bantuan pendampingan psikososial.

Minggu sebelumnya, Sekolah Farmasi ITB telah melakukan kegiatan penyaluran bantuan logistik dari para donatur, pemberian layanan kesehatan serta pendampingan psikososial khususnya pada anak-anak korban gempa yang dilakukan pada Aksi Tanggap Bencana tahap pertama (26/11).

Baca Juga: Reuni 25 Tahun IA ITB Syner97, Silaturahmi dan Peduli : Bantu Korban Gempa Cianjur, Bangun Rumah Bambu Plester

Penyerahan donasi ke pengungsi di Koleberes, Desa Benjot, Kecamatan Cugeunang – Cianjur (Dok. SF ITB)

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X