• Jumat, 9 Desember 2022

Buka Munas Ipehindo, Wamen LHK: Pengendali Ekosistem Hutan Harus Berkontribusi dalam Upaya Konservasi

- Kamis, 24 November 2022 | 11:47 WIB
Wamen LHK Alue Dohong membuka munas Ipehindo di Jakarta, Selasa 22 November 2022. (ppid.menlhk.go.id)
Wamen LHK Alue Dohong membuka munas Ipehindo di Jakarta, Selasa 22 November 2022. (ppid.menlhk.go.id)

KABAR ALAM – Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong membuka Munas Ikatan Pengendali Ekosistem Hutan Indonesia (Ipehindo) 2022 di Jakarta, Selasa 22 November 2022.

Dalam sambutannya, Alue Dohong mengatakan salah satu isu penting saat ini yaitu biodiversity loss yaitu hilangnya keanekaragaman hayati di dalam ekosistem hutan Indonesia.

“Pengendali ekosistem hutan (PEH) harus dapat berkontribusi dalam upaya konservasi agar keberadaan biodiversity agar tetap terjaga kelestariannya,” katanya seperti dikutip dari laman ppid.melhk.go.id, 24 November 2022.

Untuk mendukung pemanfaatan hutan secara lestari dan berkelanjutan, masyarakat sekitar kawasan hutan dan daerah penyangga diberi hak kelola dalam bentuk kelompok tani hutan, perhutanan sosial serta kemitraan konservasi, kehutanan dan lingkungan.

Peran PEH dalam pendampingan masyarakat sangat dibutuhkan serta berkolaborasi dengan fungsional lainnya seperti penyuluh kehutanan dan penyuluh lingkungan hidup.

Baca Juga: Viral, Aksi Berkelas Jepang di Piala Dunia 2022: Timnasnya Gilas Jerman 2-1, Fansnya Punguti Sampah di Stadion

Alue Dohong juga menyatakan bahwa pejabat fungsional PEH merupakan sumber daya manusia yang sangat potensial dan harus terus ditingkatkan kemampuan, kompetensi, kapasitas maupun kapabilitasnya. 

"Untuk itu fungsional PEH harus memiliki semangat, menjunjung tinggi integritas, selalu motivasi diri dalam memanfaatkan potensinya masing-masing agar memberi kontribusi dan sumbangsih untuk pembangunan sektor LHK dalam rangka kemajuan bangsa Indonesia," ujarnya.

Ipehindo harus menjadi organisasi profesi untuk menjadi wadah yang bermanfaat bagi seluruh anggota.

Halaman:

Editor: Yudi Noorahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X