• Jumat, 9 Desember 2022

Ini Langkah Strategis yang Dilakukan Pemprov Jabar untuk Penanganan Gempa Bumi Cianjur

- Senin, 21 November 2022 | 22:42 WIB
Salah satu rumah warga rusak akibat gempa di Kabupaten  Cianjur. (Dok. warga kampung Tangkil Desa Babakan Karet Kabupaten Cianjur)
Salah satu rumah warga rusak akibat gempa di Kabupaten Cianjur. (Dok. warga kampung Tangkil Desa Babakan Karet Kabupaten Cianjur)

KABAR ALAM - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar langsung melakukan langkah-langkah strategis penanganan bencana gempa bumi yang mengguncang Cianjur, Senin, 21 November 2022 siang.

Perisitiwa gempa bumi tektonik terjadi pukul 13.21 WIB di wilayah Cianjur dan sekitarnya. Info gempa dari BMKG menyebutkan, gempa berkekuatan M 5,6. Lokasi gempa berada di 6.84 LS,107.05 BT atau 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur.

Peristiwa gempa bumib dengan kedalaman 10 km ini dirasakan di Cianjur, Garut, Sukabumi, Cimahi, Lembang, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor, Bayah, Rancaekek, Tangerang Selatan, Tangerang, dan DKI Jakarta.

Baca Juga: Dari Spanyol, Pemain Persib Sampaikan Pray for Cianjur

Hingga Senin, 21 November 2022 malam, BPBD Cianjur melaporkan sebanyak 162 warga meninggal dunia akibat gempa bumi tersebut.

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar mengatakan, Pemda Provinsi Jabar telah mengirim Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Jabar ke Cianjur.

"Segera setelah gempa terjadi, kami langsung menerjunkan Unit Reaksi Cepat Pusdalops BPBD Jabar ke lapangan. Di sana sudah berkoordinasi dengan BPBD setempat," kata Setiawan.

Baca Juga: Update Gempa Cianjur : Innalillahii, Korban Meninggal Dunia 162 Orang

Ia juga melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Sosial untuk mengantisipasi dampak bencana karena berdasarkan informasi yang diterima terjadi longsor, hingga menutup jalur utama Cianjur.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Sumber: jabarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X