• Jumat, 9 Desember 2022

Gempa Berkekuatan 5,6 Magnitudo di Cianjur, Hingga Pukul 15.21 Tercatat Memakan 17  Korban Jiwa

- Senin, 21 November 2022 | 17:32 WIB
Salah satu rumah warga rusak akibat gempa di Kabupaten  Cianjur. (Dok. Pribadi)
Salah satu rumah warga rusak akibat gempa di Kabupaten Cianjur. (Dok. Pribadi)

KABARALAM - Gempa berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang beberapa titik di Jawa Barat pada Senin (21/11) berkisar pukul 13.22 WIB menyebabkan kerusakan infrastruktur di Kabupaten Cianjur.

Disebutkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di Darat 10 Km Barat Daya Kabupaten Cianjur. Sampai saat ini korban luka berat sebanyak 19 orang, sedangkan korban jiwa tercatat 17 orang hingga pukul 15.21 WIB,seperti yang dilaporkan kantor BPDB Kabupaten Cianjur.

Hingga kini, pihak pemerintah masih melakukan pendataan baik jumalh korban maupun infrastruktur dan kerusakan lainnya akibat dari gempa berkekuatan 5,6 magnitudo.

Berdasarkan pendataan yang disusun oleh Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB, dampak yang diakibatkan gempa tersebut turut merusak beberapa bangunan, seperti 343 unit rumah rusak berat, satu unit pondok pesantren rusak berat, RSUD Cianjur alami rusak sedang. Kemudian empat unit Gedung pemerintah, tiga unit fasilitas pendidikan, satu unit sarana ibadah, satu unit toko dan satu unit cafe juga alami kerusakan, longsor serta ada jalan yang terputus. 

Baca Juga: Menikmati Pesona Telogo Warno dan Pengilon, Taman Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Dataran Tinggi Dieng

Telah terjadi longsoran di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, sehingga jalan tidak bisa dilalui. Sehubungan dengan hal itu kendaraan dari arah Cianjur maupun Bogor di alihkan ke arah Jonggol atau Sukabumi, seperti yang dipantau KABARALAM.COM dari sosial media Polres Cianjur.

Akibat longsor tersebut, alur yang bisa dilalui dari daerah Cisarua sampai pusat Cianjur hanya bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan roda 2.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan, BNPB terus melakuan upaya penanganan bencana gempa bumi di Cianjur.

Baca Juga: Masyarakat Desa Penyangga Taman Nasional Gunung Merbabu Kembangkan Top Selfi di Resort Wonolelo

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X